//

PENYUSUNAN REKONSILIASI BANK PADA PT. BPRS HIKMAH WAKILAH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD HAFIZH - Personal Name
SubjectACCOUNTING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Laporan rekonsiliasi bank disusun untuk mengungkapkan adanya transaksi-transaksi yang belum dicatat ataupun kemungkinan adanya kesalahan baik dalam catatan bank maupun dalam catatan perusahaan. Biasanya perbandingan saldo bank dengan saldo yang dilaporkan pada pembukuan dibuat secara bulanan dengan bentuk suatu ikhtisar. kas dikelompokkan menjadi dua yaitu Kas kecil dan Kas besar. Kas kecil digunakan untuk operasional sehari hari dan jumlahnya tidak terlalu besar. Di kantor BPR Syariah ini biasanya kas kecil digunakan untuk biaya operasional seperti biaya administrasi, beli perlengkapan tulis kantor, membayar biaya wifi / telepon, listrik dll. Sedangkan kas besar biasanya digunakan untuk menampung penerimaan piutang, pinjaman bank, pengeluaran untuk membayar saldo payment, pengeluaran untuk membeli aset. Dalam membuat rekonsiliasi laporan bank perlu diketahui bahwa yang direkonsiliasi adalah catatan perusahaan dan bank, sehingga harus dibuat perbandingan antara keduanya agar dapat diketahui perbedaan-perbedaan yang ada. Perbandingan ini dilakukan dengan cara debit rekening kas dibandingkan dengan kredit catatan bank yang bisa dilihat pada laporan bank kolom penerimaan, dan kredit rekening kas dibandingkan dengan debit catatan bank yang bisa dilihat dari laporan bank kolom pengeluaran. Pencatatan hasil rekonsiliasi bank pada PT.BPR Syariah dapat dilihat melalui perbedaan rekening koran perusahaan dengan Bank Syariah Mandiri. Salah satu penyebab perbedaan pencatatan PT.BPR Syariah Hikmah Wakilah dengan Rekening Koran Giro Bank Syariah Mandiri adalah pada bagi hasil deposito. Bank Syariah Mandiri memberikan bagi hasil kepada nasabahnya setiap akhir bulan, sedangkan rekening koran baru bisa dicetak pada awal bulan berikutnya. Akibatnya pembukuan pada PT BPR Syariah Hikmah Wakilah belum mencatat bagi hasil deposito pada bulan tersebut, sehingga menimbulkan selisih saldo kas pada pembukuaan perusahaan dengan rekening koran bank.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESESUAIAN PENERAPAN PRODUK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH BERDASARKAN PSAK 106 PADA PT. BPRS HIKMAH WAKILAH (LISANDI NOVISRA, 2019)

SISTEM PELAYANAN TABUNGAN SECARA JEMPUT BOLA PADA PT. BPRS HIKMAH WAKILAH. (Reza Fahlevi, 2016)

PERSEPSI NASABAH TERHADAP PELAYANAN PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH HIKMAH WAKILAH BANDA ACEH (Della Nurul Rezana, 2020)

ANALISIS PENERAPAN DAN PERLAKUAN AKUNTANSI IJARAH BERDASARKAN PSAK 107 PADA PT BPRS HIKMAH WAKILAH KOTA BANDA ACEH (Cut Vhintara, 2017)

ANALISIS KOMPARATIF SISTEM PERBANKAN SYARIAH DAN PERBANKAN KONVENSIONAL: (STUDI KASUS BPR INGIN JAYA DAN PT.BPRS HIKMAH WAKILAH) (SUKARDI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy