INTERPRETASI KUALITATIF DATA ANOMALI GRAVITASI PADA KAWASAN PANAS BUMI JABOI, SABANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

INTERPRETASI KUALITATIF DATA ANOMALI GRAVITASI PADA KAWASAN PANAS BUMI JABOI, SABANG


Pengarang

ZAHRINA AMALIA FITRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304107010046

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Geofisika (S1) / PDDIKTI : 33201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

531.14

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Sebuah penelitian telah dilakukan menggunakan metode gravitasi untuk kajian data anomali gravitasi pada kawasan panas bumi Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai anomali Bouguer lengkap dan memprediksikan arah sebaran panas bumi. Nilai percepatan gravitasi didapat dari akuisisi data menggunkan alat gravitimeter CG-5 AutoGrav Scientrex, dengan luas area pengukuran 1250 x 2000 meter dengan titik pengukuran sebanyak 41 titik dengan jarak antar titik 250 meter menggunakan sistem grid. Terdapat pergeseran beberapa titik pengukuran dari yang semestinya telah di rancang, hal tersebut dikarenakan titik pengukuran yang sulit dicapai dan berbahaya. Untuk mendapatkan anomali Bouguer lengkap dilakukan beberapa koreksi yaitu koreksi lintang, koreksi pasang surut, koreksi apungan, koreksi udara bebas, koreksi Bouguer dan koreksi medan. Selanjutnya melakukan pengolahan data lanjutan untuk mendapatkan peta kontur dan pemisahan anomali regional dan residual dengan menggunakan perangkat lunak Surfer dan Oasis montaj. Nilai anomali Bouguer lengkap yang diperoleh berkisar 505 mGal sampai 523 mGal. Sebaran panas bumi didapat dengan memisahkan anomali regional dan residual menggunakan low pass filter dan high pass filter. Nilai anomali regional berkisar 506,5 mGal – 520,5 mGal dimana nilai anomali rendah diprediksikan sebagai reservoir air panas yang berarah utara, barat daya dan tenggara pada kawasan penelitian. Nilai anomali residual berkisar -5,5 mGal – 4,5 mGal. Nilai anomali residual rendah diprediksikan sebagai arah sebaran panas bumi yang berarah utara hingga barat daya kawasan penelitian. Arah sebaran panas bumi bersesuaian dengan adanya patahan Leumo Matee pada arah barat laut penelitian dan patahan Ceunehot pada arah barat daya hingga timur laut sebagai jalur keluarnya manifestasi panas bumi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK