//

TINJAUAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN TEUKU UMAR SEUTUI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIDHA SADRI - Personal Name
SubjectTRAFFICWAYS - ENGINEERING
ROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Banda Aceh adalah ibukota Provinsi Aceh yang merupakan pusat pemerintahan dan perekonomian Rakyat Aceh. Jalan Teuku Umar merupakan jalan dengan volume kendaraan sangat tinggi. Hal ini dikarenakan kawasan tersebut merupakan pusat perbelanjaan. Jalan ini merupakan salah satu akses jalan dari Kota Banda Aceh menuju Kota Meulaboh, memiliki panjang ±1.135 m dan bertipe enam-lajur dua-jalur (6/2 D) yang merupakan jalan arteri sekunder. Permasalahan yang terjadi dilihat secara visual adalah tingginya hambatan samping yang terdiri dari pejalan kaki (PED= pedestrian), kendaraan yang keluar/masuk sisi jalan (EEV= entry exit vehicles), kendaraan berhenti/parkir (PSV= parking and stops vehicles), kendaraan lambat (SMV= slow moving vehicles). Hal ini menyebabkan kapasitas jalan berkurang sehingga menurunkan kinerja jalan yang berdampak pada kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh hambatan samping terhadap kinerja Jalan Teuku Umar. Beberapa parameter yang diperlukan untuk analisis perhitungan seperti volume lalu-lintas, kapasitas jalan dan kecepatan tempuh pada kondisi existing dengan melakukan perhitungan mengunakan metode MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) 1997. Pengumpulan data tersebut dilakukan dalam waktu 3 (tiga) hari yaitu 2 hari kerja 1 hari libur. Hasil pengolahan data didapat volume lalu-lintas eksisting pada ruas dua yang tertinggi terjadi hari Kamis sore sebesar 3641 smp/jam dengan DS 0,83 maka LOS D dan kecepatan rata-rata 30,13 km/jam. Untuk ruas satu arah Simpang Tiga menuju Kota volume lalu-lintas eksisting tertinggi terjadi di hari Minggu sore sebesar 3145 smp/jam dengan DS 0,72 maka LOS C dan kecepatan rata-rata 28,28 km/jam. Data dengan kondisi eksisting direlokasikan dengan tiga skenario, skenario I tanpa kendaraan parkir/berhenti (NO PSV), skenario II kondisi tanpa kendaraan keluar/masuk (NO EEV) dan skenario III kondisi tanpa kendaraan berhenti/parkir dan tanpa kendaraan keluar/masuk (NO PSV + NO EEV), setelah dianalisa dari sudut pandang hambatan samping skenario yang paling efektif digunakan untuk penelitian ini adalah skenario III dan didapatkan perbandingan tingkat hambatan samping yang signifikan yaitu ruas satu dari kelas sangat tinggi mencapai 2400 kej/jam menjadi kelas tinggi mencapai 895 kej/jam. Ruas dua dari kelas sangat tinggi mencapai 1679 kej/jam menjadi kelas tinggi mencapai 896 kej/jam. Namun dari sudut pandang kinerja jalan perbandingannya tidak berubah signifikan untuk yaitu ruas 2 dari DS 0,83 atau LOS D menjadi DS 0,82 atau LOS D, sedangkan ruas satu dari DS 0,72 atau LOS C menjadi DS 0,70 atau LOS C. Kata kunci: Hambatan Samping, Volume Lalu-lintas, Kapasitas Jalan, Kinerja Jalan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINJAUAN KINERJA JALAN TEUKU UMAR SETELAH BEROPERASI SUZUYA MALL BANDA ACEH (HARITS FEBIRANDA, 2018)

TINJAUAN KINERJA JALAN TEUKU UMAR, SEUTUI BANDA ACEH BERDASARKAN VARIASI WAKTU DAN SEGMEN JALAN (MUSTAFA KAMAL, 2014)

PENGARUH TATA GUNA LAHAN DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS SIMPANG PELOR MEULABOH – ACEH BARAT) (Bambang Tripoli, 2016)

TINJAUAN DAMPAK HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH (STUDI KASUS : DEPAN RUMAH SAKIT UMUM HARAPAN BUNDA) (Nuratul Iqramah, 2017)

ANALISIS KINERJA JALAN TEUKU ISKANDAR BANDA ACEH AKIBAT HAMBATAN SAMPING (NANDA MUNTASHIR MUZWAR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy