//

PENGARUH PERJANJIAN DAMAI MOU – HELSINKI TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Marsa Fargana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Pengaruh Perjanjian Damai MoU-Helsinki Terhadap Kemiskinan di Provinsi Aceh Nama : Teuku Marsa Fargana NIM : 1301101010026 Fak./Jurusan : Ekonomi dan Bisnis/ Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Ikhsan, SE., M.A Konsentrasi : Ekonomi Publik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dana otonomi khusus terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Aceh dalam kurun waktu 2008 sampai dengan 2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Keseluruhan data tersebut berbentuk panel data yang terdiri dari data time series (runtun waktu) selama periode tahun 2008-2015 dan cross section data (data kerat silang) yang diambil dari 23 kabupa ten/kota di Provinsi Aceh. Pengumpulan data kemiskinan Provinsi Aceh diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh sementara data anggaran dana otonomi khusus diambil dari Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Aceh. Terdapat tiga model yang dapat digunakan untuk menggambarkan hasil regresi data panel, yaitu common effect test, fixed effect test, dan random effect test. Berdasarkan hasil pengujian chow test, hausman test, dan lagrange multiplier test diperoleh model fixed effect adalah model terbaik yang dapat menggambarkan regresi data panel pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel dana otonomi khusus berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Aceh yang berarti semakin besar dana otonomi khusus maka akan menurunkan kemiskinan di Provinsi Aceh. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi tolak ukur pemerintah untuk membuat kebijakan yang lebih tepat sasaran dan melakukan pengawasan dalam mengalokasikan dana otonomi khusus untuk pengentasan kemiskinan dan penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah objek dan variabel penelitian. Kata Kunci : Common Effect Test, Fixed Effect Test, Random Effect Tes, Dana Otonomi Khusus, Kemiskinan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PARTISIPASI POLITIK MANTAN DIASPORA GAM PASKA MOU HELSINKI DI ACEH(STUDI TENTANG PROSES PEMENANGAN PARTAI ACEH PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2009) (Athaillah, 2015)

TRANSFORMASI PERJUANGAN POLITIK GERAKAN ACEH MERDEKA ( SUATU PENELITIAN TERHADAP ARAH DAN STRATEGI PERJUANGAN POLITIK GAM PASCA 13 TAHUN PERJANJIAN MOU HELSINKI ) (CUT MAISARAH, 2019)

ANALISIS PERSPEKTIF NASIONALISME MANTAN KOMBATAN GAM PASCA MOU HELSINKI DI KABUPATEN BIREUEN (LIANNA FITRI, 2020)

PENGARUH ZAKAT DAN PENDIDIKAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH (MUHADDISIN, 2019)

PENGARUH ZAKAT TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD IQBAL TAWAKKAL, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy