//

PROSEDUR PEMBELIAN PRODUK (SPBU) RETAIL DI PT. PERTAMINA (PERSERO) TBBM KRUENG RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANGGA RIZQI DARMAWAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Laporan Kerja Praktek (LKP) merupakan tugas akhir mahasiswa Program Diploma III Akuntansi Universitas Syiah Kuala yang telah menyelesaikan praktek kerja lapangan. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembelian produk secara retail. TBBM Pertamina Krueng Raya adalah satu dari tiga penyalur produk yang dijual oleh Pertamina ke suluruh costumer Pertamina di Aceh. Selain di Krueng Raya, TBBM Pertamina juga ada di Lhokseumawe, dan Meulaboh. Penjualan produk dari TBBM Krueng Raya hanya dipasarkan dari Pidie Jaya sampai ke Calang. TBBM Lhokseumawe memasarkan dari Bireun sampai Langsa. TBBM Meulaboh memasarkan dari Meulaboh sampai ke Simelue. Bagi para costumer yang ingin menjual produk Pertamina harus memiliki izin khusus dari Pertamina. Costumer sebelum nya harus mendaftarkan usaha nya pada Sales Retail sebagai pemegang informasi produk yang dijual Pertamina. Setelah izin sudah diberikan, maka costumer bisa langsung memesan produk yang diinginkan melalui pembayaran via bank. Setelah costumer melakukan pembayaran, maka akan keluar nomor SO dari bank. Lalu costumer akan diberikan slip setoran oleh pihak bank sebagai bukti pemesanan. Terbit nya nomor SO, maka pihak TBBM Pertamina Krueng Raya akan menerima SO dari bank untuk memberikan nomor DO untuk pengiriman produk yang di pesan oleh costumer. Proses pengiriman produk yang dipesan akan dikeluarkan sehari setelah pembayaran dilakukan. Pengiriman akan dikirim melalui mobil tangki yang sudah disediakan oleh Pertamina. Para supir akan membawa surat pengantar pengiriman, surat itu berguna untuk surat jalan. Sebelum dikeluarkan surat pengantar pengiriman, para security di TBBM akan mengecek produk yang akan dikirim supaya tidak ada kekurangan maupun kelebihan produk yang dikeluarkan. Apabila pengiriman telah sampai ke costumer, pihak costumer akan diberikan surat pengantar pengiriman serta SO dan DO. Selesai semua pengiriman maka bagian keuangan akan memasukkan data penjualan untuk di clearing di setiap bulan nya ke dalam sistem.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TATA CARA PEMUNGUTAN PPH PASAL 22 MIGAS PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) SALES AREA RETAIL ACEH (Uswatun Hasanah, 2020)

MEKANISME PEMOTONGAN, PEMBUKUAN, PENYETORAN, DAN PELAPORAN PPH PASAL 23 ATAS JASA TRANSPORT FEE KE AGEN PADA PT PERTAMINA (PERSERO) SALES AREA RETAIL ACEH (Rizki Ramadhan Nst, 2020)

PENERAPAN VERIFIKASI E-FAKTUR MELALUI APLIKASI VDE (VERIFIKASI DATA E-FAKTUR) ATAS TAGIHAN JASA TRANSPORT FEE LPG 3 KG PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) MARKETING BRANCH ACEH (NADIA ZAFIRA, 2018)

PENERAPAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI WAJIB PUNGUT TERHADAP TRANSAKSI PEKERJAAN VENDOR PADA BUMN PT. PERTAMINA (PERSERO) MARKETING BRANCH ACEH (SHELA PUTRI ALIVA, 2019)

PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK, KEMASAN DAN MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA PEMBELIAN BERULANG PRODUK MAKANAN RINGAN DI KABUPATEN NAGAN RAYA (CUT RAUZATUL ILMI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy