UJI BAKTERIOLOGIS PADA AIR MINUM ISI ULANG DI DUA DESA (LEUNG BATA DAN PANTERIEK) KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

UJI BAKTERIOLOGIS PADA AIR MINUM ISI ULANG DI DUA DESA (LEUNG BATA DAN PANTERIEK) KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Yuliza Azella - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1108104010034

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Biologi (S1) / PDDIKTI : 46201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

661.08

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan mengetahui kontaminasi bakteri koliform pada air minum isi ulang (AMIU) di desa Panteriek dan Lueng Bata Kecamatan Lueng Bata kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah uji sangkaan (Presumtive test), uji penegasan (confirmed test), dan uji kelengkapan (completed test). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah air minum isi ulang yang diambil dari enam depot yang berasal dari desa Panteriek dan Lueng Bata Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan 2 kali dengan interval waktu satu minggu. Sampel dikultur pada lactosa broth kemudian diinkubasi dalam inkubator dengan suhu 37?C selama 24 jam. Jika tidak terbentuk gas di dalam tabung Durham, maka dianggap negatif terhadap uji sangkaan sehingga tidak dilanjutkan ke uji lainnya. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa AMIU dari enam depot di desa Panteriek dan Lueng Bata Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh terkontaminasi oleh bakteri koliform.
kunci : Bakteri koliform, air minum isi ulang, uji Most Probable Number (MPN).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK