//

PENGARUH APLIKASI MIKORIZA ARBUSKULA TERHADAP RUMPUT LAMPUNG (SETARIA SPHACELATA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Purnama - Personal Name
SubjectCATTLE
GRASS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Ketersediaan pakan hijauan menjadi salah satu masalah yang sangat memprihatinkan dalam usaha untuk meningkatkan produktivitas ternak ruminansia. Hal tersebut dikarenakan lahan yang tersedia memiliki tingkat kesuburan dan ketersediaan sumber hayati yang rendah, terutama defisiensi unsur hara. Lahan pertanian yang digunakan untuk menanam yang khususnya hijauan makanan ternak pada umumnya mempunyai sturuktur dan tekstur yang cenderung tidak baik untuk pertumbuhan tanaman pangan. Salah satu upaya untuk mendukung kesuburan lahan dan meningkatkan pertumbuhan tanaman adalah dengan pemberian pupuk secara optimal. Alternatif yang dapat diterapkan dalam budidaya tanaman hijauan pakan adalah dengan memanfaatkan pupuk hayati yaitu mikoriza arbuskula. Keutamaan dari mikoriza arbuskula ini adalah dapat membantu fungsi akar dalam penyerapan hara dan air. Air sangat berperan dalam proses fotosintesis karena air merupakan salah satu bahan baku fotosintesis. Banyak jenis rumput unggul yang dimanfaatkan untuk pakan ternak ruminansia salah satu contohnya adalah rumput lampung (Setaria sphacelata). Rumput lampung memiliki spesifikasi diantaranya mampu bertahan hidup di dataran tinggi mulai dari 1000 meter di atas permukaan laut, berumpun lebat, berdaun halus dan lebar, memiliki batang yang lunak. Rumput ini mampu bertahan di tanah kering dan mampu bertahan hidup di tanah yang miskin serta berbatu. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Lapangan Peternakan (LLP) yang terletak di Jalan Utama Gampong Rukoh dan Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Prodi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala. Penelitian dimulai dari bulan Februari 2017 hingga April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi mikoriza arbuskula terhadap performa rumput lampung (Setaria sphacelata). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan yaitu kontrol/tanpa aplikasi mikoriza arbuskula (L0), aplikasi 5 gram mikoriza arbuskula per rumpun (L1), aplikasi 10 gram mikoriza arbuskula per rumpun (L2) dan aplikasi 15 gram mikoriza arbuskula per rumpun (L3). Setiap perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh aplikasi mikoriza arbuskula terhadap perfoma rumput lampung (Setaria sphacelata) tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap semua parameter yang diuji yaitu tinggi tanaman, lebar daun, jumlah anakan, berat segar akar dan berat kering akar. Untuk parameter tinggi tanaman dan lebar daun diduga karena tanah yang digunakan untuk penanaman mengandung unsur hara P yang sangat tinggi sehingga mikoriza tidak efektif bekerja. Untuk parameter jumlah anakan, walaupun hasil sidik ragam menunjukkan pengaruh yang tidak nyata namun hasil perlakuan lebih baik daripada kontrol. Sementara untuk paramater berat segar akar dan kering akar diduga karena pengaruh tipe perakaran tanaman inang dan pembentukan hormon auksin yang rendah sehingga mempengaruhi pertumbuhan akar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH APLIKASI MIKORIZA ARBUSKULA TERHADAP RUMPUT LAMPUNG (SETARIA SPHACELATA) (Cut Purnama, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN MIKORIZA ARBUSKULA TERHADAP PRODUKSI HIJAUAN SEGAR DAN KADAR BAHAN KERING RUMPUT SETARIA (SETARIA SPHACELATA) (Ulfa Purwati, 2017)

PENGARUH APLIKASI JENIS PUPUK TERHADAP REGROWTH DAN PRODUKSI RUMPUT LAMPUNG ( SETARIA SPHACELATA) (REZA AFWI, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK NPK TERHADAP PRODUKSI RUMPUT LAMPUNG (SETARIA SPHACELATA) (amarizal, 2016)

SIFAT FISIKA DAN KIMIA TANAH SERTA PRODUKSI BERBAGAI JENIS RUMPUT YANG DITANAM PADA LAHAN DATAR DAN BERLERENG (M. Nazar, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy