//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERFIKIR BERPASANGAN BEREMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI DI SMAN 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mailinda Hayati - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
COLLEGE TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Model berfikir berpasangan berempat, aktivitas siswa, ketuntasan belajar, asam dan basa Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, ketuntasan belajar, dan mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran berfikir berpasangan berempat pada materi asam dan basa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 12 Banda Aceh yang berjumlah 28 orang peserta didik, yang terdiri 20 perempuan dan 8 laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan pemberian angket, tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Teknik pengolahan data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, data yang dianalisis yaitu, aktivitas, ketuntasan belajar dan angket. Berdasarkan teknik analisis data diperoleh persentase rata-rata aktivitas belajar peserta didik pertemuan I sebesar 85,89%, pertemuan II sebesar 86,67%, dan pertemuan III sebesar 88,39%. Persentase ketuntasan belajar diperoleh sebesar 82,14% dengan kategori baik. Hasil angket tanggapan peserta didik diperoleh sebesar 89,73% terhadap penerapan model pembelajaran berfikir berpasangan berempat dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran berfikir berpasangan berempat diperoleh aktivitas belajar meningkat, ketuntasan belajar pada materi asam basa telah tuntas secara klasikal melalui penerapan model pembelajaran berfikir berpasangan berempat, peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model berfikir berpasangan berempat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (CUT PUTRI REZEKI, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 MAN MODEL BANDA ACEH (Fajar Mailina, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWARNKELAS XI IPS MAN 3 BANDA ACEH (RAHMAWATI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy