RESPON ORANG TUA TERHADAP JAM TAMBAHAN DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

RESPON ORANG TUA TERHADAP JAM TAMBAHAN DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH)


Pengarang

Khairun Nisa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206101030019

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.203

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Khairun Nisa. 2017. Respon Orang Tua Terhadap Jam Tambahan di Sekolah (Studi kasus di SMP Negeri 6 Banda Aceh). Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. Zakaria, M.Ed, (2) Irma Anggraini, S.Pd,M.Pd
Kata Kunci:Respon, Jam Tambahan
“Penelitian ini berjudul Respon Orang Tua Terhadap Jam Tambahan di Sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 6 Banda Aceh). Respon merupakan tindakan yang penuh arti dari individu sepanjang tindakan itu memiliki makna subjektif bagi dirinya dan diarahkan pada orang lain. Jam tambahan dapat berupa kegiatan penganyaan dan kegiatan perbaikan yang berkaitan dengan mata pelajaran. Manfaat dari jam tambahan itu senidiri yaitu: (a) Meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik (b) Mengembangkan bakat serta minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju manusia yang sempurna. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon orang tua terhadap jam tambahan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa berjumlah 40 orang tua siswa dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah respon orang tua terhadap jam tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan kajian pustaka (Library Research) sebagai pendukung. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Dari hasil pengolahan angket dapat kita lihat bahwa respon orang tua terhadap jam tambahan di sekolah, respon orang tua terhadap efektivitas pembelajaran dan respon orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada jam tambahan mendapatkan dukungan positif 100%. Simpulan dalam penelitian ini adalah respon orang tua terhadap jam tambahan di sekolah yaitu positif. Jam tambahan yang diadakan di sekolah SMP Negeri 6 Banda Aceh mendapatkan respon yang baik dari orang tua siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK