PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) PRAKTIKUM KIMIA DASAR II BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOROSI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) PRAKTIKUM KIMIA DASAR II BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOROSI


Pengarang

ZULFA YULIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103040070

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: LKM, inkuiri terbimbing, korosi, praktikum dan Kimia Dasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKM Praktikum Kimia Dasar II berbasis inkuiri terbimbing pada materi korosi dan mengetahui kelayakannya pada pelaksanaan praktikum. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian tahap implementasi adalah mahasiswa aktif pendidikan kimia FKIP Universitas Syiah Kuala angkatan 2015 dan 2016 berjumlah 12 orang. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, angket analisis kebutuhan serta angket respon dari praktikan, asisten laboratorium dan dosen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase rata-rata kelayakan LKM yang divalidasi tim ahli oleh dosen dan penilaian oleh asisten laboratorium adalah 97% dan 90%, dapat diinterpretasikan sebagai kategori sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi. Respon praktikan, asisten laboratorium dan dosen terhadap pelaksanaan praktikum menggunakan LKM yang dikembangkan secara keseluruhan sangat baik. Persentase rata-rata respon praktikan adalah 47,92% sangat setuju, 50% setuju dan 2,08% tidak setuju. Persentase rata-rata respon asisten laboratorium adalah 75% sangat setuju dan 25% setuju. Persentase rata-rata respon dosen adalah 71,43% sangat setuju dan 28,57% setuju. Dengan demikian, LKM yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK