//

KOMBINASI JENIS PELET TRICHODERMA HARZIANUM DAN DOSIS APLIKASI DALAM MENGENDALIKAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM DI PEMBIBITAN TOMAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyuni - Personal Name
SubjectPLANT DISEASES
TOMATOES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian tentang kombinasi jenis pelet Trichoderma harizianum dan dosis aplikasi dalam mengendalikan penyakit layu fusarium di pembibitan tomat, telah dilakukan di Laboratorium Penyakit Tumbuhan Program Studi Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala dan di desa Dusun Timur Kopelma Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini dimulai sejak bulan Januari sampai April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi jenis pelet Trichoderma harizianum dan dosis aplikasi sebagai agen hayati dalam mengendalikan penyakit layu fusarium pada bibit tomat yang disebabkan oleh Fusarium oxysporum sp. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Setiap perlakuan terdiri dari 4 unit perlakuan, sehingga diperoleh 80 unit percobaan. Susunan perlakuan A= kontrol, B= dedak + daun katuk + T. harizianum 1,3 g/polibag, C= dedak + daun katuk + T. harizianum 2,6 g/polibag, D= dedak + ampas tahu + T. harizianum 1,3 g/polibag, E= dedak + ampas tahu + T. harizianum 2,6 g/polibag. Peubah yang diamati antara lain: masa inkubasi, tinggi tanaman tomat, persentase tanaman layu, jumlah daun dan jumlah anakan daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian T. harizianum 2,6 g/polibag mampu menekan penyakit layu fusarium pada bibit tomat sampai 100 %. Kata kunci : Fusarium, Tomat, T. Harizianum

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMBINASI BEBERAPA DOSIS DAN SPESIES TRICHODERMA FORMULASI PELET DALAM MENEKAN PERKEMBANGAN JAMUR FUSARIUM OXYSPORUM F.SP CAPSICI DI PEMBIBITAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L. ) (Frara Efeseli Fakhdian, 2018)

UJI MASA SIMPAN PELET TRICHODERMA HARZIANUM DAN KEMAMPUANNYA DALAM MENGHAMBAT PERKEMBANGAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM PADA BIBIT TOMAT (RIZKA MUSFIRAH, 2018)

APLIKASI BEBERAPA BENTUK FORMULASI TRICHODERMA SPP DALAM MENGENDALIKAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM PADA TANAMAN TOMAT (Muhammad Fazil, 2018)

EFIKASI DOSIS PELET TRICHODERMA HARZIANUM DALAM MENEKAN SERANGAN PENYAKIT BUDOK (SYNCHYTRIUM POGOSTEMONIS) PADA TANAMAN NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH.) (Tiara Kusuma Pertiwi, 2017)

KEEFEKTIFAN TRICHODERMA VIRENS DAN TRICHODERMA HARZIANUM DALAM MENGENDALIKAN NEMATODA PURU AKAR MELOIDOGYNE SPP. PADA TANAMAN TOMAT (Wahyusa Eka Putra, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy