PENERAPAN EKSPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN 1 ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN EKSPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN 1 ACEH SELATAN


Pengarang

Nurul Fitriana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103010003

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Nurul, Fitriana. 2017. Penerapan Eksploratory Discovery Untuk Meningkatkan keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati di MAN 1 Aceh Selatan. Skripsi, Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Khairil, M.Si (2) Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd.

Kata Kunci: Eksploratory Discovery, Hasil belajar, dan Keterampilan Proses Sains.

Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains adalah menggunakan model pembelajaran bertipe eksploratory discovery. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains di kelas X MAN 1 Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, berupa true experimental design dengan metode Control group pre-test-post-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai N-gain hasil belajar kelas eksperimen adalah 65,16 dan kontrol 30,45. Penerapan model eksploratory discovery juga telah mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen. Rata-rata besarnya peningkatan yang terjadi adalah sebesar 11,44%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran eksploratory discovery dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa.
?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK