//

PENERAPAN EKSPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MAN 1 ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Fitriana - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
STUDY METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurul, Fitriana. 2017. Penerapan Eksploratory Discovery Untuk Meningkatkan keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati di MAN 1 Aceh Selatan. Skripsi, Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Khairil, M.Si (2) Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd. Kata Kunci: Eksploratory Discovery, Hasil belajar, dan Keterampilan Proses Sains. Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains adalah menggunakan model pembelajaran bertipe eksploratory discovery. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains di kelas X MAN 1 Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, berupa true experimental design dengan metode Control group pre-test-post-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai N-gain hasil belajar kelas eksperimen adalah 65,16 dan kontrol 30,45. Penerapan model eksploratory discovery juga telah mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen. Rata-rata besarnya peningkatan yang terjadi adalah sebesar 11,44%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran eksploratory discovery dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa.  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Kamalliansyah Walil, 2019)

PENGARUH PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kamalia Riska, 2017)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018)

“PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN KABUPATEN BIREUEN” (Putri Liana, 2018)

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH TGK. CHIK OEMAR DIYAN ACEH BESAR (Desi Heryani SZ, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy