PENGEMBANGAN LKPD PRATIKUM LABORATURIUM VIRTUAL PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMP NEGERI 15 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGEMBANGAN LKPD PRATIKUM LABORATURIUM VIRTUAL PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMP NEGERI 15 BANDA ACEH


Pengarang

Wina Andriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103030035

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Physics Education Tecnology (PhET) adalah perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Pemakaian media tersebut dalam pembelajaran membutuhkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berfungsi sebagai panduan siswa dalam proses pembelajaran. LKPD dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LKPD Lab-Vir PhET yang memudahkan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran praktikum materi gelombang bunyi. LKPD ini dibuat untuk melengkapi pembelajaran berupa media cetak pada penggunaan media software PhET. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMP Negeri 15 Banda Aceh. Masalah utama yang dikaji adalah hasil belajar siswa, kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan hasil respon siswa terhadap penggunaan LKPD Lab-Vir PhET. Data yang dikumpulkan dan dianalisis meliputi post-test, kemampuan guru dan respon siswa. Data yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus (4 kali pertemuan), yang masing-masing terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengamatan ini dilakukan oleh pengamat dan peneliti sendiri.Instrumen pengumpulan data dianalisis menggunakan uji persentase. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian siklus 1: post-test: 54%, keterampilan guru 2.8, siklus 2: post-test 92%, keterampilan guru 3.3, respon siswa 100%. Berdasarkan data dan analisisnya maka dapat disimplkan penggunaan LKPD Lab-Vir PhET dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Praktikum, LKPD, Simulasi PhET, Virtual-Lab, Gelombang Bunyi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK