//

Integrasi Contextual Teaching and Learning dengan Kewirausahaan Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Indrapuri

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rossy Anggelia Hasibuan - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
LEARNING-MOTIVATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil dan motivasi belajar siswa serta hubungan motivasi dan hasil belajar siswa pada konsep bioteknologi di SMA Negeri 1 Indrapuri. Metode yang digunakan adalah ekperimen dengan sampel 58 siswa terdiri dari 28 siswa kelas XII-IPA 1 dan 30 siswa kelas XII-IPA 2. Parameter penelitian ini adalah hasil dan motivasi belajar siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil dan motivasi belajar siswa digunakan N-Gain dan perbedaan peningkatan hasil dan motivasi belajar dengan uji t. Hubungan motivasi dan hasil belajar menggunakan uji korelasi product moment pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis N-Gain diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kedua kelas dengan kategori tinggi 85,7%, sedang 14,3% di kelas eksperimen dengan integrasi CTL dengan kewirausahaan, sedangkan di kelas kontrol dengan CTL 66,7% tinggi, 20% sedang, dan 13,3% rendah. Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa pada kedua kelas dengan kategori 21,4% tinggi, 53,6% sedang, dan 25% rendah di kelas eksperimen, dan di kelas kontrol 16,7% tinggi, 23,3% sedang, dan 60% rendah. Hasil uji t diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada kedua kelas. Hubungan antara motivasi dan hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh hubungan yang cukup, sedangkan di kelas kontrol tidak ada hubungan. Kesimpulan penelitian ini adalah integrasi CTL dengan kewirausahaan dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa pada konsep bioteknologi di SMA negeri 1 Indrapuri. Ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada konsep bioteknologi di SMA Negeri 1 Indrapuri. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Kewirausahaan, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Bioteknologi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNDTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PULO ACEH (Fatimah, 2015)

THE OVERVIEW OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH FOR RNELEMENTARY SCHOOL LEVEL RN(A LIBRARY RESEARCH) (Fajrinur, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy