//

PENGARUH LAMA HEMODIALISIS TERHADAP KADAR TESTOSTERON PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK DENGAN DISFUNGSI EREKSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dr. Riyandi Pratama - Personal Name
SubjectRENAL DISEASE - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Pendidikan Dokter Spesialis-I Penyakit Dalam
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Abstrak PENGARUH LAMA HEMODIALISIS TERHADAP KADAR TESTOSTERON PADA PENDERITA PENYAKIT GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN DISFUNGSI EREKSI Latar Belakang : Gangguan fungsi seksual merupakan komplikasi tersering pada PGK. Secara umum terdapat lebih dari 50% penderita PGK mengeluh adanya gangguan ereksi.studi terbaru menyatakan bahwa terdapat hubungan antara penderita PGK yang menjalani hemodialisa(HD) dengan disfungsi ereksi karena faktor uremic, vaskular, neurogenik, farmakologi,psikologi Tujuan : Mengetahui pengaruh lama hemodialisis terhadap kadar testosteron pada penderita penyakit ginjal kronik dengan disfungsi ereksi Alat dan Metode: Penelitian ini dengan rancangan cross sectional secara deskriptif analitik terhadap 19 orang dari bulan Februari 2017 s/d April 2017 di Instalasi Dialisis Rumah Sakit Dr.Zainoel Abidin Banda Aceh. Parameter yang diperiksa adalah kadar testosterone dan derajat disfungsi ereksi berdasarkan skor International Index of Erectile Functional IIEF-5. Data statistik dianalisa dengan uji ordinal logistic regression menggunakan software SPSS dengan tingkat kemaknaan P < 0,05 dan interval kepercayaan 95%. Hasil: Penelitian ini menunjukkan kelompok umur terbanyak dalam rentang 41 – 50 tahun (36,8%), Kadar rata-rata testosteron secara keseluruhan pada 19 subjek penelitian adalah sebesar (347,87±138,7). Nilai minimal kadar testosteron responden adalah sebesar 92,71 dan nilai maksimalnya adalah sebesar 563,7 ng/dl, dengan lama HD rata – rata 41,58 bulan, lama HD terendah 3 bulan dan tertinggi 144 bulan. Pengaruh lama HD berkorelasi negatif (p>0.05) terhadap kadar testosteron pada penderita pinyakit ginjal kronik yang disfungsi ereksi dengan nilai estimate (B) sebesar -0,013, yang menunjukan lama HD tidak memiliki pengaruh terhadap kadar testosteron.. Kesimpulan: Lamanya hemodialisis tidak menunjukkan pengaruh terhadap kadar testosteron Kata Kunci: Testosteron, Disfungsi ereksi, Hemodialisis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN DISFUNGSI EREKSI PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (M.Syahrul Rozi, 2016)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN MEKANISME KOPING DI DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (BEBBY BALQIS, 2017)

HUBUNGAN LAMA TERAPI HEMODIALISIS PADA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK (PGK) NONDIABETIK DENGAN KEJADIAN RESTLESS LEGS SYNDROME (Alfin Radhian, 2015)

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Nadya Syahana, 2015)

PERBANDINGAN LAMA KELANGSUNGAN HIDUP ANTARA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODILISIS DAN COUNTINIOUS AMBULATORY PERITONEAL DIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Cut Fatimah Az Zahara, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy