//

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MENGGUNAKAN SOFTWARE VIDEOSCRIBE PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS X MIA DI MAN DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitri Nurjanah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Media Videoscribe, Pengembangan, Minyak bumi Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Animasi Menggunakan Software videoscribe Pada Materi Minyak Bumi Kelas X MIA Di MAN Darussalam” penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran minyak bumi, mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development/R&D) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan ADDIE yang dilakukan melalui 5 (lima) tahap, yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Analisis kebutuhan siswa dilakukan di MAN Darussalam, diperoleh bahwa media belajar dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket penilaian kelayakan serta angket tanggapan siswa dan guru. Kelayakan media videoscribe dinilai oleh 2 orang validator ahli yaitu 2 dosen pendidikan Kimia. Hasil persentase rata-rata untuk aspek : kelayakan isi pada media adalah 70%, kelayakan penyajian media sebesar 65%, kelayakan audio visual media adalah 60% dan fungsi media 75 %. Berdasarkan persentase keempat aspek dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis videoscribe layak digunakan sebagai media pembelajaran. Persentase tanggapan siswa dan guru terhadap media videoscribe sebesar 86,8% dan 95% termasuk pada kategori sangat baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis videoscribe layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATERI KOLOID UNTUK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA TAHUN AKADEMIK 2016/2017 (Putra Purnama, 2017)

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS APLIKASI VIDEOSCRIBE PADA MATERI HAKIKAT ILMU KIMIA UNTUK KELAS X SMA (Muhammad Isra Fardhian, 2020)

PENGEMBANGAN MEDIA POP UP PADA MATERI MINYAK BUMI UNTUK SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DARUSSALAM (Heri Yoga Panjaitan, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEOSCRIBE DENGAN MEDIA ANIMASI PADA POKOK BAHASAN SIKLUS AIR KELAS X SMA NEGERI 1 MUARA TIGA (NURUL AMELIA RIZKI, 2019)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN (MARDALENA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy