//

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TANAMAN SAWI HIDROPONIK DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM NFT (NUTRIENT FILM TECHNIQUE) DI UPTD BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERTANIAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HERA MUKHLISA - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Hera Mukhlisa. Nim 1405002010055. Dengan Judul Tugas Akhir “Analisis Pendapatan Produksi Tanaman Sawi Hidroponik Dengan Menggunakan Sistem NFT (Nutrient Film Technique) Di UPTD Balai Pendidikan Dan Pelatihan Pertanian Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar.”. Di Bawah Bimbingan Ibu Dr. Ir. Safrida M.Si. Hidroponik merupakan metode bercocok tanam dengan menggunakan media tanam selain tanah, seperti batu apung, kerikil, pasir,sabut kelapa potongan kayu atau busa. Hal tersebut dilakukan karena fungsi tanah sebagai pendukung akar tanaman dan larutan nutrisi dapat digantikan dengan mengalirkan atau menambahkan nutrisi, air dan oksigen melalui media tersebut. Dalam penanaman sawi hijau di hidroponik dengan menggunakan sistem NFT (Nutrien film technique) seleksi bibit yang sudah berdaun 4 lembar, masukkan bibit yang sudah siap di pindahkan ke netpot atau pot kecil yang di gunakan untuk menyimpan tanaman di dalam instalasi hidroponik, susun pada instalasi hidroponik pastikan akar menyentuh larutan nutrisi. Adapun masalah yang dapat diambil pada penelitian ini adalah apakah pendapatan budidaya sawi di hidroponik dengan menggunakan sistem NFT (Nutrien film technique) menguntungkan untuk di usahakan. Sebagaimana tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui keuntugan dan kelayakan usaha tanaman sawi hidroponik dengan menggunakan sistem NFT (Nutrien film Technique). Metode analisis usaha yang di gunakan pada penelitian ini yaitu biaya usahatani, biaya penyusutan, pendapatan usahatani, analisis R/C Ratio dan BEP, perhitungan yang digunakan pada penelitian ini yaitu selama 1 tahun atau 12 kali masa produksi. Berdasarkan hasil perhitungan pendapatan usahatani yaitu selisih antara penerimaan dan semua biaya maka diperoleh hasil TR (Total Penerimaan) =Rp. 2.850.000,- per tahun sedangkan TC (Total Biaya) = Rp. 2.528.700,- per tahunmaka diperoleh keuntungan RP.321.300/Tahun sehingga usaha budidaya tanaman sawi hidroponik dengan menggunakan sistem NFT (Nutrient Film Technique) menguntungkan untuk di usahakan karena penerimaan lebih besar dari pada biaya produksi, dan nilai R/C Ratioyaitu 1,1Berdasarkan kriteria nilai R/C Ratio >1, sehingga dapat dikatakan usaha budidaya tanaman sawi hidroponik dengan menggunakan sistem NFT (Nutrient FilmTechnique) di UPTD Balai Pendidikan dan Pelatihan Pertanian Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar menguntungkan dan layak untuk dikembangkan.BEP Produksi akan dicapai pada saat budidaya tanaman sawi hidroponik dengan menggunakan sistem NFT (Nutrient Film Technique) menghasilkan sebanyak 505,74Kgdan BEP Hargasebesar Rp.4.436/Kg.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI TANAMAN SELADA HIDROPONIK NUTRIENT FILM TEHNIQUE DI UPTB BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERTANIAN ACEH (RAHMAT NURUL FAJRI, 2017)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHA TANI CABAI MERAH DENGAN SISTEM INTENSIF DAN DENGAN SISTEM SEMI INTENSIF DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Zulhelmi, 2021)

ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG MANIS DAN JAGUNG HIBRIDA DI KECAMA TAN LEMBAH SEULA WAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rizka Hasmiyani, 2020)

PENGARUH MODAL DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PEPAYA DI DESA TELADAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rama Merinasari, 2020)

PERBANDINGAN KEUNTUNGAN USAHATANI BENGKUANG DAN UBI JALAR YANG DITUMPANGSARIKAN PADA LABAN TANAMAN KAKAO DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Fhadilah Andriany, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy