ANALISIS PERANAN KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM PENANGGULANGAN PERILAKU MEROKOK DIKALANGAN REMAJA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS PERANAN KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM PENANGGULANGAN PERILAKU MEROKOK DIKALANGAN REMAJA


Pengarang

Azza Ruqqayyah Azzahara - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206104030009

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

155.5

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Azzahara, Azza R. (2017) Analisis peranan komunikasi orang tua dalam penanggulangan perilaku merokok dikalangan remaja. Skripsi. Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.

(1) Drs. Martunis, M. Si., (2) Nurbaity, S.Pd., M.Ed
Kata Kunci: peranan komunikasi orang tua, perilaku merokok dikalangan remaja
Penelitian ini mengenai peranan komunikasi orang tua dalam penanggulangan perilaku merokok dikalangan remaja. Peran komunikasi orang tua yang baik akan membantu remaja agar terhindar dari perilaku merokok. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peranan komunikasi orang tua dalam penanggulangan perilaku merokok dikalangan remaja. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini berjumlah 7 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan komunikasi orang tua dalam menangulangi perilaku merokok remaja dilihat dari segi komunikasi orang tua dan kontrol orang tua. Komunikasi antara orang tua-anak yang diharapkan adalah komunikasi yang efektif, karena komunikasi yang efektif dapat menimbulkan pengertian, kesenangan, pengaruh pada sikap hubungan yang makin baik dari tindakan. Kontrol orang tua dalam penelitian ini mencakup kontrol orang tua terhadap anak seperti kontrol keuangan untuk membatasi kesempatan anak membeli rokok. Dalam penelitian ini ada beberapa responden yang tidak merorok lagi, dan ada yang sudah jarang merokok, dan kemudian ada siswa yang menggunakan rokok elektrik karena orang tua membelikan rokok elektrik guna supaya tidak ketergantungan dengan rokok biasa yang mengandung nikotin.





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK