KETERLIBATAN SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KETERLIBATAN SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH


Pengarang

Fitria Ulfa Zainur - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306103020035

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Zainur, Fitria, Ulfa. 2017. Keterlibatan Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe NHT pada Materi Persamaan Kuadrat di kelas VIII SMP Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Bintang Zaura, M.Pd (2) Mukhlis Hidayat, S.Pd.M.Kom
Kata kunci : Model Kooperatif tipe NHT, Keterlibatan Siswa, Persamaan Kuadrat
Persamaan kuadrat merupakan salah satu materi yang dikatakan cukup sulit. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif pembelajaran agar siswa dapat meningkatkan hasil belajar, salah satu alternatif adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe NHT. Penerapan model kooperatif tipe NHT diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar aktivitas yang terjadi tidak hanya didominasi oleh guru, dengan demikian siswa akan terlibat sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa pada materi persamaan kuadrat melalui penerapan model kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 11 Banda Aceh. Instrument yang digunakan adalah observasi, angket dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan dari selama tiga kali pertemuan, dimanapersentase angket respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sebesar 94% dan angket respon siswa terhadap LKPD sebesar 100%, dari sisi hasil wawancara dengan siswa tingkat keterlibatan siswa terlihat juga aktif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berjalan dengan baik, tingkat keterlibatan siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe NHT tergolong sangat baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK