//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulfina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : model ARCS, pembelajaran, hasil belajar Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran ARCS. Model pembelajaran ini diawali dengan menumbuhkan perhatian dan motivas siswa dengan cara menggali pemahaman siswa menggunakan media pembelajaran yang dekat dengan keseharian siswa dalam kehidupan dan menarik serta sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan. Penelitian yang berjudul “Pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar IPAsiswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh”ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa- siswi kelas VIII- E SMPN 6 Banda Aceh tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Instrumen pengumpulan data penelitian yaitu tes tertulis dalam bentuk uraian dengan jumlah 20 soal yang dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan data penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran ARCS mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh ; dimana hasil pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARCS. lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran biasa Disarankan agar penelitian menggunakan model pembelajaran ARCS ini dapat dilanjutkan pada materi fisika lainnya dan tidak hanya pada jenjang SMP tetapi juga pada jenjang SMA dengan jumlah populasi dan sampel yang berbeda.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH (Zulfina, 2017)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) PADA MATERI OPERASI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Suci Damawiyah, 2014)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MOTIVASI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 1 SUKAMAKMUR, ACEH BESAR. (Tri Tahirah, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT-ALAT OPTIK PADA KELAS X MIA 4 DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Novri Arna, 2017)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy