PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH


Pengarang

Zulfina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103030022

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Kata kunci : model ARCS, pembelajaran, hasil belajar
Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan
efektifitas pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran
ARCS. Model pembelajaran ini diawali dengan menumbuhkan perhatian dan
motivas siswa dengan cara menggali pemahaman siswa menggunakan media
pembelajaran yang dekat dengan keseharian siswa dalam kehidupan dan
menarik serta sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan. Penelitian
yang berjudul “Pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence,
Satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar IPAsiswa kelas VIII SMPN 6 Banda
Aceh”ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model
pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 6 Banda
Aceh. Subjek penelitian ini adalah siswa- siswi kelas VIII- E SMPN 6 Banda
Aceh tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian eksperimen. Instrumen pengumpulan data
penelitian yaitu tes tertulis dalam bentuk uraian dengan jumlah 20 soal yang
dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan data penelitian diperoleh bahwa
model pembelajaran ARCS mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas VIII
SMPN 6 Banda Aceh ; dimana hasil pembelajaran menggunakan model
pembelajaran ARCS. lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan
metode pembelajaran biasa Disarankan agar penelitian menggunakan model
pembelajaran ARCS ini dapat dilanjutkan pada materi fisika lainnya dan tidak
hanya pada jenjang SMP tetapi juga pada jenjang SMA dengan jumlah populasi
dan sampel yang berbeda.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK