//

MISKONSEPSI SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Annisa Iqramina - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Konsep merupakan ide atau pengertian ilmiah yang digunakan untuk mengelompokkan suatu objek. Miskonsepsi merupakan kesalahan dalam memahami suatu konsep yang telah disepakati oleh pakar. Mendeteksi adanya miskonsepsi pada siswa sangatlah penting dilakukan, mengingat bahwa antar konsep yang satu dan yang lain saling berkaitan dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi atau melihat letak miskonsepsi siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas VII MTsN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-3 MTsN Model Banda Aceh yang masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan dokumentasi hasil ujian semester genap. Analisis data dilakukan dengan memeriksa jawaban siswa, disesuaikan dengan konsep yang sebenarnya. Jika jawaban siswa tidak sesuai dengan kaidah yang sebenarnya, maka siswa mengalami miskonsepsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa miskonsepsi pada soal pilihan berganda di nomor 5, 29, dan 32 yaitu materi tentang himpunan dan sudut. Sedangkan miskonsepsi pada soal essay teridentifikasi pada konsep garis dan sudut diperoleh 43%, aritmatika sosial 38,89%, miskonsepi pada pecahan 15,3%, dan miskonsepsi pada pertidaksamaan satu variabel diperoleh 34,72% dari jumlah siswanya. Dengan demikian, sebagian siswa masih mengalami miskonsepsi dalam mata pelajaran matematika dan perlu ditingkatkan lagi pemahaman konsep pada materi-materi tersebut. Kata Kunci : konsep, miskonsepsi, matematika

Tempat Terbit Hoboken, NJ
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Mika Rona Adilla, 2017)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTSN RUKOH (Moni Mutia Liza, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (SRI YULIANI, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Deni Suryanda, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy