STUDI MORFOMETRIK DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN FAKTOR KONDISI FAMILI SERRANIDAE DI KAWASAN PERAIRAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STUDI MORFOMETRIK DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN FAKTOR KONDISI FAMILI SERRANIDAE DI KAWASAN PERAIRAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Afriani Ramadhani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200150048

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Afriana Ramadhani: Studi Morfometrik dan Hubungan Panjang Berat dan Faktor Kondisi Famili Serranidae yang Tertangkap di Perairan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar.
Pembimbing I Prof. Dr. Muchlisin Z.A., S.Pi., M.Sc., Pembimbing II Prof. Dr. M.Ali. S., M.Si.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisi pola pertumbuhan, fakor kondisi dan tingkat kekerabatan Famili Serranidae yang tertangkap di Perairan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan data dilakukan pada Mei s.d September 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan memanfaatkan tangkapan nelayan di Perairan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Sampling dilakukan pada tempat pendaratan ikan di Uleelheu dan Ujong Pancu tempat hasil tangkapan nelayan Pulo Aceh. Analisis data morfometrik dengan tadisonal dan truss, panjang berat menggunakan Model Allometric Linear dan data ditansformasikan dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola pertumbuhan masing-masing ikan dengan nilai b Plectropomus leopardus 2,6264, Plectropomus laevis 2,872, Plectropomus maculatus 3,064, Epinephelus fuscoguttatus 2,847 dan Epinephelus bleekeri 2,847. (2) Nilai karakter faktor kondisi secara umum berada diatas 100. (3) Kekerabatan ikan hasil tangkapan nelayan secara tradisional morfometrik dan truss morfometrik dapat mendeskriminan tiga kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Plectropomus leopardus, Plectropomus laevis, Epinephelus fuscoguttatus dan Epinephelus bleekeri memiliki pola pertumbuhan Allometrik negatif dan Plectropomus maculatus memiliki pola pertumbuhan Allometrik positif. (2) Faktor kondisi tertinggi pada ikan Plectropomus leopardus dan Plectropomus laevis dan terendah pada ikan Epinephelus fuscoguttatus. (3) Kekerabatan terdekat dapat terlihat pada karakter standar, panjang sirip dada, panjang sirip perut dan diameter mata untuk ikan Plectropomus laevis dan Epinephelus fuscoguttatus.

Kata Kunci : Panjang Berat, Faktor Kondisi, Morfometrik, Famili Serranidae



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK