//

PENGARUH JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (MILIK PEMERINTAH) TERHADAP ANGKA KEMATIAN IBU DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI AMBOROWATI - Personal Name
SubjectECONOMIC SITUATION AND CONDITION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Pengaruh Jaminan Kesehatan Nasional (Milik Pemerintah) Terhadap Angka Kematian Ibu Di Indonesia Nama : SITI AMBOROWATI NIM : 1301101010087 Fak./Jurusan : Ekonomi dan Bisnis/ Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Cut Zakia Rizki, SE, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Jaminan Kesehatan Nasional (Milik Pemerintah) terhadap Angka Kematian Ibu di Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, yaitu dengan cara memaparkan hasil review artikel dari masing-masing peneliti sebelumnya dari tahun 2010-2015 untuk dapat memetakan perbedaan dan persamaan sebelum adanya Jaminan Kesehatan Nasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jaminan Kesehatan Nasional belum memberikan pengaruh secara langsung terhadap Angka Kematian Ibu di Indonesia, meski alokasi dana pemerintah meningkat setiap tahunnya. Dari hasil deskriptif berdasarkan literatur dan data yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa ternyata masalah yang paling mendasar ialah dari sisi non ekonomi yaitu banyaknya penduduk miskin yang sedikit pengetahuan mengenai kesehatan, kurangnya informasi dan sosialiasi serta akses masyarakat terhadap Jaminan Kesehatan Nasional yang sangat mempengaruhi tingkat partisipasi. Jauhnya jarak antara rumah sakit dengan tempat tinggal para ibu hamil, serta anggapan besarnya biaya yang harus dikeluarkan sehingga para ibu memilih melakukan persalinan dengan tenaga non medis terdekat menjadi penyebab kurangnya tingkat keselamatan ibu. Rendahnya pengetahuan dan kelalaian ibu dalam memeriksa diri saat hamil akan mengancam kesehatan pada janin dan persalinan beresiko menyebabkan kematian. Dari sisi ekonomi, rendahnya pendapatan ibu yang berasal dari masyarakat kurang mampu juga mempengaruhi Angka Kematian Ibu. Berdasarkan paparan hasil penelitian maka penulis menyarankan agar pemerintah melakukan langkah selanjutnya memperbaiki sistem registrasi, sosialisasi, serta pemerataan informasi Jaminan Kesehatan Nasional terhadap ibu hamil. Kata Kunci : Alokasi Dana, Jaminan Kesehatan Nasional, Tingkat Partisipasi, Angka Kematian Ibu. x

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH BIDANG KESEHATAN, KEMISKINAN DAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT ACEH (Irma Chalista, 2014)

SISTEM INFORMASI KLAIM JAMINAN HARI TUA (JHT) PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDA ACEH (SAID ROYYAN, 2016)

PROSEDUR PEMBAYARAN KLAIM JAMINAN KECELAKAAN KERJA PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDA ACEH (FIFI MARYAM, 2015)

ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DAN ANGGARAN KESEHATAN TERHADAP ANGKA KEMATIAN IBU DI PROVINSI ACEH TAHUN 2010 – 2017 (Arlayda, 2021)

ANALISIS KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PUSKESMAS DAN KLINIK PRATAMA DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN (AULIA RAHMAN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy