//

DEIKSIS DALAM ANTOLOGI CERPEN PEMBUNUH KETUJUH KARYA HERMAN RN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI RAIHANNY - Personal Name
SubjectSHORT STORIES - COLLECTIONS
ANTHOLOGIES - LITERATURE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kata kunci: deiksis, antologi cerpen Penelitian ini berjudul “Deiksis dalam antologi cerpen Pembunuh Ketujuh karya Herman RN”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu apa saja yang terdapat dalam antologi cerpen Pembunuh Ketujuh karya Herman RN? (2) Bagaimana deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu yang terdapat dalam antologi cerpen Pembunuh Ketujuh karya Herman RN? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu yang terdapat dalam antologi cerpen Pembunuh Ketujuh karya Herman RN. (2) Mendeskripsikan deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu yang terdapat dalam antologi cerpen Pembunuh Ketujuh karya Herman RN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi literatur. Analisis data dilakukan dengan empat proses yaitu reduksi data, penyajian data, analisis data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu dalam antologi cerpen Pembunuh Ketujuh karya Herman RN dan juga menunjukkan bahwa bentuk-bentuk deiksis persona, deksis tempat dan deksis waktu yang ditemukan sangat beragam. Deiksis persona terdiri dari persona pertama, kedua, dan ketiga, baik tunggal maupun jamak. Deiksis tempat terdiri dari deiksis tempat yang proksimal (dekat), semi-proksimal (agak jauh), maupun distal (jauh), deiksis tempat bentuk verba, dan deiksis tempat pronomina demonstratif. Deiksis waktu terdiri dari deiksis waktu yang menyatakan waktu lampau, waktu kini, waktu yang akan datang, dan waktu frekuensitatif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KRITIK SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN PEMBUNUH KETUJUH KARYA HERMAN RN (RAMONALISA, 2017)

ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM BUKU ANTOLOGI CERPEN KEUMALA KARYA RAMAJANI SINAGA (Iful Rozi, 2016)

ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM ANTOLOGI CERPEN MENGAWINI IBU KARYA KHRISNA PABICHARA (Isra Yurni, 2017)

ANALISIS NILAI SOSIOKULTURAL CERPEN KARYA VERA HASTUTI DALAM ANTOLOGI CERPEN PEREMPUANBERJANGKAT UTEM (Nanda Hestiana, 2019)

ANALISIS UNSUR CITRAAN DALAM ANTOLOGI PUISI PERJALANAN LANGIT KARYA L.K. ARA (Sri Noviana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy