//

SUBSTITUSI PARSIAL TEPUNG BERAS DENGAN TEPUNG UBI JALAR UNGU (IPOMOEA BATATAS L) PADA PEMBUATAN KUE LAPIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairunnisa - Personal Name
SubjectFLOUR
SNACKS - COOKING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Khairunnisa. 2016. Substitusi Parsial Tepung Beras Dengan Tepung Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas L) Pada Pembuatan Kue Lapis. Skripsi, Jurusan Pendidikan dan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Suryati Sufiat, M.Pd. (2) Dra. Zuraini M, M.Pd. Kata Kunci : Substitusi Parsial, Tepung Ubi Jalar Ungu, Kue Lapis Ubi jalar merupakan sumber karbohidrat yang baik sebagai bahan pengganti beras. Ubi jalar dapat dijadikan tepung untuk bahan pengganti sebahagian bahan utama dalam pembuatan kue lapis, serta memanfaatkan warna alami dari ubi jalar ungu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung ubi jalar ungu dengan persentase 16%, 31% dan 46% terhadap karakteristik organoleptik (warna, aroma, tekstur dan rasa), dan untuk mengetahui daya terima konsumen terhadap kue lapis tepung ubi jalar ungu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan 4 perlakuan dengan 4 kali pengulangan. Pengumpulan data menggunakan uji pengamatan (Sensory Evaluation) oleh 6 orang narasumber yaitu dosen Tata Boga PKK Unsyiah. Selanjutnya uji penerimaan (Acceptability Test) oleh 30 orang panelis konsumen 27 mahasiswa serta 3 orang karyawan Prodi PKK Unsyiah. Teknik analisis data menggunakan LSD (Least Significant Different) dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil analisis data narasumber terhadap resep kontrol kue lapis menunjukkan bahwa penilaian tertinggi adalah pada perlakuan ke IV dengan nilai rata-rata 23.875. Dari hasil uji pengamatan narasumber terhadap kue lapis dengan penambahan tepung ubi jalar ungu menunjukkan bahwa penilaian tertinggi adalah pada perlakuan Kl3 dilihat dari warna ungu cerah, aroma harum, tekstur kenyal dan rasa manis. Dari hasil uji penerimaan panelis konsumen terhadap kue lapis dengan penambahan tepung ubi jalar ungu menunjukkan bahwa penilaian tertinggi adalah pada perlakuan Kl3 ditinjau dari warna ungu cerah, aroma harum pada perlakuan Kl0, tekstur kenyal dan rasa sangat manis. Diharapkan pembaca dapat mengembangkan penganan basah dalam variasi lain.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG UBI JALAR UNGU (IPOMOEA BATATAS L.) DAN PENAMBAHAN KARAGENAN RUMPUT LAUT (EUCHEUMA COTTONII) TERHADAP KUALITAS DONAT (Agustiar, 2020)

PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG UBI JALAR UNGU DAN KARAGENAN TERHADAP KUALITAS MI BASAH UBI JALAR UNGU (IPOMOEA BATATAS CV. AYAMURASAKI) (SALMA, 2018)

PEMBUATAN TIMPHAN KOMPOSIT BEKU DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG MOCAF DAN TEPUNG UBI JALAR KUNING (ANALISA FENIA, 2019)

SUBSTITUSI PARSIAL TEPUNG TERIGU DENGAN TEPUNG UBI JALAR UNGU (IPOMEA BATATAS L.) PADA PEMBUATAN COOKIES MALINDA (Rosnawati, 2019)

PEMBUATAN DODOL DENGAN VARIASI KONSENTRASI GULA DAN PERBANDINGAN TEPUNG UBI JALAR UNGU DENGAN TEPUNG KETAN (Riska, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy