//

UJI DURABILITAS TERHADAP CAMPURAN ASPAL BETON DENGAN SUBTITUSI ETHYLENE VINIYL ACETATE (EVA) MENGGUNAKAN ASPAL PEN. 60/70 YANG DIRENDAM KOTORAN SAPI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mhd. Farhan Putra Suci Siregar - Personal Name
SubjectWASTE TECHNOLOGY
ASPHALT CONCRETE - ROAD ENGINEERING
ASPHALT - PROCESSING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Jalan merupakan prasarana transportasi yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan sehari-hari masyarakat. Pada daerah tertentu di Indonesia khususnya di Aceh, banyak masyarakat yang melepaskan hewan ternaknya khususnya sapi di jalan raya, sehingga terdapat banyak kotoran sapi yang bertebaran di atas permukaan jalan. Kotoran sapi tersebut diduga berdampak pada kerusakan jalan raya yang dapat melemahkan kemampuan lekatan aspal dan menimbulkan lubang-lubang kecil pada lapisan aspal. Salah satu alternative untuk mengurangi kerusakan yang ditimbulkan kotoran sapi terhadap jalan adalah dengan mensubstitusi polimer tambahan kedalam aspal untuk meningkatkan stabilitas dan keawetan jalan tersebut, pada penelitian ini polimer tambahan yang digunakan adalah material limbah Ethylene Vinyl Acetate (EVA). Penggunaan polimer EVA lebih murah dan sangat ramah lingkungan karena EVA merupakan limbah dari hasil produksi sendal dan sepatu yang tidak terpakai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik marshall campuran laston (AC-WC) dengan persentase polimer EVA 1,5%, 2,5%, 3,5% terhadap berat aspal pada aspal pen 60/70, serta mengetahui pengaruh rendaman air biasa dan kotoran sapi dengan variasi waktu 30 menit, 24 jam, dan 48 jam terhadap stabilitas aspal modifikasi EVA. Dari hasil penelitian didapatkan nilai stabilitas terbaik pada persentase EVA 1,5% yaitu 1920,68 kg dan nilai parameter Marshal lainnya masih memenuhi persyaratan spesifikasi Bina Marga tahun 2014. Nilai durabilitas semua campuran baik yang disubstirusi EVA maupun yang tidak disubstitusi EVA pada waktu perendaman 24 jam telah memenuhi spesifikasi yang ditentukan Bina Marga tahun 2014 yaitu ≥ 90%, tetapi pada waktu perendaman 48 jam tidak ada yang memenuhi spesifikasi yang disyaratkan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan substitusi polimer EVA 1,5%, 2,5%, 3,5% pada aspal pen 60/70 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya nilai stabilitas, tetapi tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap nilai durabilitas pada lapis aus (AC-WC).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUBSTITUSI LIMBAH ETHYLENE VINYL ACETATE (EVA) DAN CRUMB RUBBER PADA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) TERHADAP RENDAMAN KOTORAN SAPI (DENI IQBAL, 2017)

KARAKTERISTIK CAMPURAN LASTON AC-WC DENGAN SUBSTITUSI BUTON ROCK ASPHALT (BRA) DAN POLIMER ETHYLENE VINYL ACETATE (EVA) TERHADAP RENDAMAN AIR BERLUMPUR (Nanda Rizka Amalia, 2018)

UJI KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL BETON AC-BC DENGAN KOMPOSISI AGREGAT 75% RIKIT GAIB DAN 25% COT GIREK MENGGUNAKAN ASPAL PEN 60/70 SEBAGAI BAHAN PENGIKAT (Silvia Zahara, 2014)

KARAKTERISTIK CAMPURAN BETON ASPAL DENGANRN PENAMBAHAN ADITIF ANTI PENGELUPASAN MENGGUNAKAN RNAGREGAT HALUS BATU PECAH DAN PASIR ALAM (Reza Rezki, 2015)

KARAKTERISTIK PENGGUNAAN PARUTAN BAN DALAM BEKAS TERHADAP CAMPURAN BETON ASPHALT CONCRETE BINDER COURSE (AC-BC) DENGAN CARA KERING (DRY PROCESS) (FARACH DINA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy