//

EVALUASI EFISIENSI BIAYA DENGAN METODE REKAYASA NILAI PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PELAYANAN TERPADU PELABUHAN PERIKANAN SAMUDRA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Erwin Juanda - Personal Name
SubjectCOST
ESTIMATES - BUILDING CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Manajemen bila ditinjau sebagai suatu proses adalah merupakan suatu rangkaian tahap kegiatan yang diarahkan pada pencapaian tujuan dengan memanfaatkan semaksimal mungkin sumber-sumber yang ada dan tersedia. Pada proyek pembangunan Gedung Pelayanan Terpadu Pelabuhan Perikanan Samudra yang berlokasi di Gampong Gano Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh ini total biaya pembangunannya adalah sebesar Rp. 3.552.369.796,69 dengan luas bangunan 600 m2¬ atau biaya per m2 adalah sebesar Rp. 6.512.676. Berdasarkan Pedoman Teknis Pembangunan Gedung Negara harga per m2 gedung bertingkat kelas A adalah Rp. 3.540.000. Gedung bertingkat dua koefisiennya 1,09. Sehingga harga per m2 gedung bertingkat dua adalah sebesar Rp. 3.858.600. Nilai rasio perbandingan 1,68 > 1, sehingga diperlukan rekayasa nilai agar diperoleh biaya yang optimal dengan tetap mempertahankan tingkat kualitas dan ketahanan sesuai yang diharapkan dengan menerapkan program tersebut, biaya proyek diharapkan dapat berkurang dengan adanya peninjauan pada pembiayaan yang tidak perlu berkaitan dengan masalah teknis pada tahap perencanaan dan pelaksanaan konstruksi, tanpa mengurangi tingkat mutu, keandalan, serta fungsi proyek itu sendiri. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efisiensi biaya yang diperoleh setelah penerapan rekayasa nilai dengan mengevaluasi perbedaan biaya total rencana dengan biaya setelah penarapan rekayasa nilai serta mendapatkan pilihan alternatif material terbaik yang dapat digunakan untuk menggantikan rencana awal pekerjaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rekayasa nilai. Adapun langkah-langkahnya adalah tahap informasi, tahap kreativitas, tahap analisis, dan tahap rekomendasi. Hasil penerapan rekayasa nilai yang dilakukan pada Proyek Pembangunan Gedung Pelayanan Terpadu Pelabuhan Perikanan Samudra diperoleh penghematan sebesar Rp. 328.741.603,56 atau sebesar 33,85 % dari harga awal, dengan objek tinjauanya adalah pada pekerjaan lantai, pekerjaan plafond dan pekerjaan kusen. Kata kunci : Efisiensi Biaya, Rekayasa Nilai, Proyek Gedung.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI FAKTOR DOMINAN RISIKO BIAYA PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI BANDA ACEH (YOSI ARMIDA, 2020)

PERENCANAAN BIAYA MATERIAL PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BPJN (BALAI PELAKSANA JALAN NASIONAL) TAHAP III (Muhammad Ricci Akbar, 2019)

PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (RIFAT ADITYA HAWARI, 2020)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK GEDUNG BPP KECAMATAN KOTARNBANDA ACEH (HAFLIZAR, 2015)

ANALISIS LIFE CYCLE COST PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO BANDA ACEH (Syarifah Ninda M, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy