//

PERANCANGAN ALAT PENGHANCUR SAGU BERDASARKAN DATA ANTROPOMETRI DENGAN METODE RULA (STUDI KASUS: PADA MASYARAKAT KECAMATAN SEGET, PAPUA BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Talib Mahu - Personal Name
SubjectANTHROPOMETRY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Alat penghancur sagu merupakan salah satu alat penting untuk pengguna pengolahan penghancuran sagu. Alat ini dirancang sesuai dengan data antropometri agar dalam proses pengolahan sagu dapat dikerjakan dengan ergonomis dan dalam waktu yang lebih cepat. Hasil yang didapatkan dari pengamatan langsung terhadap masyarakat Kecamatan Seget, Papua Barat tidak ergonomis karena alat yang digunakan sangat memiliki kendala yang tinggi menyebabkan sakit lengan tangan, leher, punggung, siku-siku tangan, dan pinggang. Masyarakat atau pengguna alat sekarang ini masih menggunakan produk yang tradisional dan menimbulkan kurangnya kenyamanan bagi mereka. Dari kasus tersebut, penulis melakukan penelitian terhadap kendala-kendala ketidaknyamanan ini dengan cara merancang alat baru yang ergonomis dengan ukuran yang sesuai dengan hasil penggukuran antropometri terhadap masyarakat Kecamatan Seget, Papua Barat. Dalam penelitian ini penulis mengambil langkah untuk mengumpulkan data antropometri kepada 50 subjek yang terdiri dari persentil 5, persentil 50, persentil 95 masyarakat Kecamatan seget, Papua Barat. Pengukuran dilakukan dengan alat meter dan vernier caliper. Data antropometri di uji dengan cara statistik, yaitu uji keseragaman data antropometri dan data postur kerja, uji kecukupan data, dan perhitungan persentil. Hasil uji data kemudian dilakukan perancangan alat dengan software CATIA V5. Dari hasil perancang tersebut kemudian dilakukan analisis dengan metode Rula untuk melihat hasil yang maksimal agar dapat melakukan perancangan alat tersebut. Dari hasil perancangan tersebut memiliki skor yang cukup untuk dilakukan perancangan alat penghancur sagu kepada masyarakat Kecamatan Seget, Papua Barat. Kata kunci: Antropometri, Rula, Perancangan alat, Sagu, Masyarakat Kecamatan Seget, Papua Barat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN ULANG JAS HUJAN PONCO DENGAN PENDEKATAN DATA ANTROPOMETRI (STUDI KASUS MAHASISWA UNSYIAH) (Alfi Rizqi M Aqli, 2019)

ANALISIS PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KURSI ANTROPOMETER UNTUK PENGUKURAN DATA ANTROPOMETRI (Aulia Ramadhan, 2015)

ANALISIS PENGARUH ANTROPOMETRI DAN BIOMEKANIK ATLET ACEH PADA DESAIN ERGOMETER DAYUNG (Muhammad Nuzan Rizki, 2019)

PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PURWARUPA ALAT PEMARUT SAGU PORTABLE UNTUK INDUSTRI KECIL DI DESA PULAU KAYU (Muhammad Khadafi, 2015)

PERSEPSI MAHASISWA ASAL PAPUA TERHADAP KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT ACEH (STUDI KASUS ETIKA MASYARAKAT DI ACEH) (Yosimin Yikwa, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy