//

PERAN AYAH PADA PENGASUHAN ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maisyarah - Personal Name
SubjectCHILD DEVELOPMENT
FATHER
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maisyarah. 2016. Peran Ayah pada Pengasuhan Anak Usia Dini dalam keluarga di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad. M.Pd., (2) Dr. Bahrun, M.Pd. Kata Kunci: peran ayah; pengasuhan anak Keluarga merupakan pembawa pengaruh utama dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Pengasuhan anak idealnya melibatkan peran kedua orangtua yakni ayah dan ibu. Meskipun pengasuhan anak lebih diutamakan pada sang ibu, namun keterlibatan ayah juga membawa pengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan ayah terhadap pengasuhan anak usia dini dan apa saja keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak usia dini di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima orang ayah yang memiliki anak usia 4-6 tahun, penentuan subjek dilakukan dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan beberapa subjek menyatakan tidak setuju mengenai keterlibatan ayah sebagai pengasuh anak secara utuh, sedangkan subjek lainnya menyatakan setuju. Namun kelima subjek memiliki jawaban yang sama yaitu ayah merupakan pencari nafkah, sehingga keterlibatan ayah dalam mengasuh anak akan terbatas oleh waktu. Sedangkan untuk keterlibatan ayah dalam mengasuh anak dilihat dari segi peran ayah dalam keluarga yaitu sebagai berikut: Pencari nafkah, kebersamaan antara ayah dan anak, pengasuhan, guru atau pembimbing, orang yang mendukung segala kegiatan anak. Disimpulkan bahwa para ayah memiliki kesadaran akan pengasuhan terhadap anak, namun tuntutan mereka sebagai pencari nafkah membuat para ayah tidak dapat terlibat secara penuh dalam pengasuhan anak. Diharapkan para ayah memiliki kesadaran bahwa mereka bukan hanya sebagai pencari nafkah di dalam keluarga, namun keterlibatannya dalam mengasuh anak juga sangat diharapkan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN DITINJAU DARI PERSEPSI ANAK (ADDINA KAMILA, 2018)

POLA PENGASUHAN ANAK DI PANTI ASUHAN SOS CHILDREN’S VILLAGE DESA LAMREUNG KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (LISA KISMA HAYATI, 2020)

POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA YANG MENIKAH DINI DI DESA MATANG NEUHEUN KABUPATEN ACEH TIMUR (Rita Zahara, 2020)

HUBUNGAN POLA PENGASUHAN DENGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM KELUARGA NELAYAN DI GAMPONG ALUE AMBANG KECAMATAN TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA (YUNI RATNA SARI, 2021)

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DAN PENDAPATAN KELUARGA TERHADAP RISIKO GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK DENGAN METODE PEDS DI TK DAN PAUD GAMPONG BANDA SAFA KABUPATEN ACEH BESAR (Mughniyanti Zuhri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy