//

PENERAPAN KONSEP LEAN SERVICE UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU PELAYANAN PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK (STUDI KASUS : KANTOR CATATAN SIPIL - JANTHO, KAB. ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulfahmi - Personal Name
SubjectIDENTIFICATION CARDS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kantor Catatan Sipil merupakan kantor pelayanan publik khususnya pelayanan pembuatan KTP elektronik. Proses pelayanan di Kantor Catatan Sipil masih mengalami pemborosan, untuk mengurangi pemborosan tersebut dengan menggunakan konsep lean service dan 5 why. Value Stream Mapping (VSM) merupakan salah satu tools dari konsep lean service yang bertujuan untuk menggambarkan aliran proses pelayanan mulai dari pemohon datang sampai memperoleh KTP elektronik. Konsep DMAIC dijadikan sebagai improvement pada pelayanan sehingga terbentuk kerangka dalam menganalisa pemborosan dengan tahapan yang digunakan yaitu define, measure, analyze, improve, dan control. Usulan perbaikan yang diberikan berdasarkan analisa pada current value stream map sehingga menjadi proses pelayanan menjadi lebih baik. Waktu proses pelayanan pembuatan KTP elektronik current value stream diperoleh sebesar 32,02 menit sedangkan waktu pelayanan pembuatan KTP Elektronik Future state sebesar 25,89 berhasil mengurangi waktu sebesar 6,13 menit. Kata kunci: Lean service, value stream mapping, 5 why, DMAIC, KTP elektronik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSEDUR PEMBUATAN KODE BILLING UNTUK PENYETORAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDA ACEH (SYAIVOL WAHYUDI, 2017)

EVALUASI TINGKAT PELAYANAN ANGKUTAN UMUM LABI-LABI RUTE TERMINAL APK KEUDAH - KEUTAPANG TERMINAL APK KEUDAH - KEUTAPANG (Melani Andhary, 2021)

AKUNTABILITAS BIROKRASI PELAYANAN ADMINISTRASI PUBLIK DI ACEH BARAT DAYA (STUDI KASUS DI KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU) (Iqram, 2017)

ANALISA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI(SIA) BERBASIS KOMPUTER PADA SATUAN KERJA BRR-SEKRETARIAT KANTOR PUSAT (MELDIANA MADIAN, 2014)

PENGUKURAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK BANDA ACEH (HERIZAL, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy