//

PENENTUAN MODEL KECEPATAN LOKAL 1-D DAN RELOKASI GEMPA SUSULAN PIDIE JAYA 2016 UNTUK MEMPELAJARI SESAR PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NANI AMEL LIA - Personal Name
SubjectEARTQUAKES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Sesar Pidie Jaya yang menghasilkan gempa dengan magnitudo Mw 6.5 dan mengakibatkan korban 104 jiwa belum sepenuhnya dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari sesar aktif Pidie Jaya berdasarkan data relokasi gempa susulan sekaligus memperbaiki model kecepatan 1-D. Penelitian ini menggunakan cakupan wilayah Pidie Jaya pada koordinat 04˚06’- 04˚47’ LU dan 95˚56’ - 96˚30’BT sebagai lokasi relokasi hiposenter. Jumlah gempa bumi yang direlokasi sebanyak 115 event dari 117 event gempa bumi. Jaringan stasiun pencatat yang digunakan sebanyak 23 stasiun. Relokasi hiposenter gempa bumi dilakukan untuk mendapatkan lokasi gempa bumi dengan ketelitian yang tinggi. Hasil dari penelitian ini yaitu model kecepatan lokal 1-D gelombang P dan S yang baru yang digunakan untuk data input metode Velest sehingga menghasilkan relokasi yang sesuai dengan kondisi geologi daerah penelitian. Hasil relokasi terlihat bahwa titik-titik epicenter gempa cenderung berkumpul pada zona sesar minor Pidie Jaya yang terdiri dari dua cabang. Satu sesar mengarah hampir ke Utara Selatan sedangkan satu sesar lagi mengarah ke Timur Laut-Barat Daya. Hasil relokasi ini dapat digunakan untuk studi struktur kecepatan gelombang pada suatu wilayah, analisis sesmisitas lokal dan analisis struktur detail seperti halnya identifikasi zona sesar dan sebaran orientasi sesar mikro wilayah penelitian. Kata Kunci : model kecepatan lokal 1-D, relokasi hiposenter, software Velest dan distribusi gempa terhadap sesar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN GEMPA SUSULAN PIDIE JAYA MENGGUNAKAN DATA DARI JARINGAN SEISMIK LOKAL DAN REGIONAL SERTA MODEL KECEPATAN LOKAL (Nurliza Masyitah, 2017)

IDENTIFIKASI SESAR AKTIF PIDIE JAYA BERDASARKAN RELOKASI DATA GEMPA BUMI SUSULAN PIDIE JAYA DAN MEKANISME FOKAL (Qadariyah, 2018)

PENERAPAN LIFETIME ANALYSIS PADA PERBANDINGAN PERILAKU GEMPA SUSULAN (STUDI KASUS GEMPA BUMI PIDIE JAYA 7 DESEMBER 2016 DAN GEMPA BUMI AMBON 26 SEPTEMBER 2019) (Faiza Maulia, 2020)

IDENTIFIKASI STRUKTUR PATAHAN DANGKAL MENGGUNAKAN METODE GROUND PENETRATING RADAR (GPR) DI GAMPONG PANGWA KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA (Ayu Safrida, 2018)

ANALISIS PRODUKSI GARAM DI KABUPATEN PIDIE DAN KABUPATEN PIDIE JAYA (T.iqbal Safriza N, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy