PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK YANG DIAJARKAN MELALUI ALAT PERAGA DAN ALAT LABORATORIUM DI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK YANG DIAJARKAN MELALUI ALAT PERAGA DAN ALAT LABORATORIUM DI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA


Pengarang

Cut Nanda Intania - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103030079

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Intania, Cut Nanda. 2017. Perbandingan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik yang Diajarkan Melalui Alat Peraga Dan Alat Laboratorium Di Sma 1 Krueng Barona Jaya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Drs. Abdul Hamid, M.Si (2) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd, M.Ed

Kata Kunci: Alat Peraga, Alat Laboratorium, Motivasi
Alat peraga dan alat laboratorium dibidang pendidikan mempunyai tujuan yang sama, yaitu agar peserta didik lebih memahami materi yang diajarkan dan dapat belajar secara lansung (melakukan praktikum). Untuk pelajaran IPA, praktikum menggunakan alat peraga maupun alat laboratorium adalah pelengkap pembelajaran yang membantu peserta didik untuk memahami materi dengan melakukan secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan motivasi belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga dan alat laboratorium di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-eksperimen Pretest/Posttest dengan pemilihan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian angket Pretest/Posttest. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran fisika lebih meningkatkan motivasi belajar peserta didik dibandingkan dengan menggunakan alat laboratorium, demikian pula dengan hasil belajarnya. Semakin tinggi motivasi peserta didik dalam belajar, maka hasil belajar mereka akan semakin tinggi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK