//

KAJI EKSPERIMENTAL PENAMBAHAN WIND CUP PADA TURBIN VENTILATOR UNTUK KENYAMANAN RUANGAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sayed Rizky Al-idrus - Personal Name
SubjectTHERMAL ENGINEERING
REFRIGERATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

A B S T R A K Penelitian ini membahas tentang penambahan wind cup pada turbin ventilator. Dari kejadian yang sering terjadi di dalam masyarakat, kemampuan mensirkulasikan udara yang masih sangat kurang efisien terutama pada ruangan yang berukuran besar. Turbin ventilator merupakan turbin angin dengan sumbu vertikal yang memiliki gabungan fungsi dari turbin angin dan kipas hisap. Pada penelitian ini di lakukan modifikasi dengan menambahkan wind cup pada turbin ventilator. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penambahan wind cup pada turbin ventilator . Turbin Ventilator yang digunakan adalah tipe v30 dan wind cup dengan diameter cup sebesar 7.7 cm. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan ruang (model) uji berbentuk limas segienam yang pada bagian atasnya terpotong untuk meletakkan Turbin Ventilator dan memiliki volume sebesar 0,83 m3. Hasil penelitian menunjukkan penurunan suhu ruangan pada ruang (model) uji adalah sebesar 1-2oc dengan kecepatan angin yang konstan selama 10 menit. Semakin kencang angin yang berhembus maka semakin kencang pula putaran turbin ventilator yang dihasilkan. Daya yang dihasilkan dari putaran turbin ventilator dengan kecepatan angin maksimum adalah sebesar 1,3 watt jika tidak memakai wind cup sedangkan dengan memakai wind cup adalah sebesar 2,21 watt dan peningkatan efisiensi dari putaran turbin ventilator pada kecepatan minimum adalah sebesar 11 %, sedangkan pada kecepatan maksimum adalah 18,1 %.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EKSPERIMENTAL PEFORMANCE WIND CUP TURBIN VENTILATOR DENGAN INNERFAN TERHADAP VARIASI JUMLAH BLADE (Teuku Ahmad Dio Ananda Setia, 2018)

ANALISIS KENYAMANAN TERMAL RUANGAN KELAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KOTA BANDA ACEH) (S. MHD. BADRUL IKHSAN SAAF, 2019)

PENGUJIAN SISTEM PENGERINGAN KULIT SAPI MENGGUNAKAN WIND CUP TURBIN VENTILATOR DAN BAHAN BAKAR GAS PADA KONDISI MALAM (T.muammar Raffian, 2019)

ANALISIS KENYAMANAN THERMAL PADA GEDUNG GELANGGANGMAHASISWA PROF. A. MADJID IBRAHIM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Teuku Zulfadli, 2013)

KAJIAN SISTEM PENGKONDISIAN UDARA UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KENYAMANAN TERMAL PADA SUATU RUANGAN KERJA (Zulkifli, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy