//
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN STRATEGI BISNIS BERISIKO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 15 TAKENGON |
|
![]() |
BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak |
Pengarang | ISNA RIANTI - Personal Name |
---|---|
Subject | EDUCATIONAL PSYCHOLOGY PERCEPTION |
Bahasa | Indonesia |
Fakultas | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA |
Tahun Terbit | 2017 |
Abstrak/Catatan ABSTRAK Kata kunci. Pembelajaran kooperatif, Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Bisnis Berisisko, Prestasi Belajar. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Strategi Bisnis Berisiko Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 15 Takengon”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan strategi bisnis berisiko terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Takengon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS (total sampling). Siswa kelas IPS.2 sebagai kelas kontrol dan XI IPS.1 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya menggunakan statistik yang sesuai dan varians kedua kelompok sampel homogen atau tidak, masing-masing diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji-t. Pengujian pada kelas eksperimen terdapat 17 butir pertanyaan yang tergolong valid dan reliabel. Uji normalitas dengan menggunakan Kolomogorov-Smirnov, signifikansi sebesar 0.059 lebih besar dari 0.05 ini berarti bahwa data yang diambil berdistribusi normal.Uji Homogenitas bertujuan untuk mengetahui varian dari beberapa populasi sama atau tidak, terdapat keseragaman data atau punya varians yang sama dan telah memenuhi asumsi ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) dengan strategi bisnis berisiko di SMA Negeri 15 dengan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Nilai rata-rata dari kelas eksperimen adalah 82 sedangkan nilai rata-rata dari kelas kontrol adalah 64. Berdasarkan pengujian statistik dinyatakan bahwa ada perbedaan nilai antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, karena nilai p-value = 0,00 < 0,05 berarti terima Hoyang artinya ada perbedaan signifikan rata-rata antara dua kelas. | |
Tempat Terbit | Banda Aceh |
Literature Searching Service |
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) PADA MATERI LINGKARAN
DI KELAS VIII MTS NEGERI KUTA BARO ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013 (Aula Iwan Prala, 2013) |
|
Kembali ke sebelumnya | |