PENERAPAN EKOHIDRAULIK SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN BANJIR DI SUNGAI LAE SORAYA KECAMATAN RUNDENG KOTA SUBULUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN EKOHIDRAULIK SEBAGAI UPAYA PENGENDALIAN BANJIR DI SUNGAI LAE SORAYA KECAMATAN RUNDENG KOTA SUBULUSSALAM


Pengarang

Lidya Fransiska - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304101010079

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

363.349 36

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Sungai Lae Soraya sering dilanda banjir dengan daerah yang paling berdampak terhadap banjir tersebut adalah Kecamatan Rundeng dan Kecamatan Longkib. Pengendalian banjir pada umumnya menggunakan konsep hidraulik murni yaitu menekankan pada pembangunan fisik yang berdampak pada rusaknya faktor ekologi sungai. Penelitian ini membahas tentang pengendalian banjir Sungai Lae Soraya khususnya di Kecamatan Rundeng dengan menggunakan konsep ekohidraulik. Ekohidraulik merupakan salah satu konsep pengelolaan sungai yang digunakan sebagai pengendalian banjir dengan memperhatikan faktor ekologi sungai. Tujuan penelitian ini adalah memberikan desain ekohidraulik di daerah bantaran sungai sebagai upaya pengendalian banjir Sungai Lae Soraya Kecamatan Rundeng. Desain ekohidraulik pada hulu sungai memberikan pengaruh positif dalam proteksi banjir karena mejadikan daerah bantaran sebagai daerah retensi, sehingga energi banjir menuju hilir daat diredam. Manfaat penelitian ini adalah dapat mengetahui kondisi debit sungai dan kapasitas maksimum tampungan debit sungai berdasarkan elevasi muka air dan dapat mengetahui desain bantaran secara ekohidraulik yang tepat di Sungai Lae Soraya. Data yang diperlukan berupa data curah hujan, peta topografi, dan data hidraulika sungai. Metode perhitungan debit banjir menggunakan metode Haspers dan untuk menentukan lebar bantaran dan diameter vegetasi digunakan metode trial and error. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas tampungan debit maksimum Sungai Lae Soraya adalah 1090.734 m3/d. Desain ekohidraulik yang tepat untuk debit banjir 5 tahunan sampai 10 tahunan adalah dengan lebar bantaran 100 m dan penggunaan vegetasi berdiameter 7 cm sampai 10 cm dengan jarak penanaman antar vegetasi adalah 100 cm.

Kata kunci : Sungai, Pengendalian banjir, Ekohidraulik, Debit.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK