//

IMPLEMENTASI LEAN MANUFACTURING SEBAGAI UPAYA MEMINIMALKAN WASTE PADA PROSES PRODUKSI PT. DENDENG ACEH GUNUNG SEULAWAH DENGAN MENGGUNAKAN WASTE ASSESMENT MODEL (WAM) DAN VALUE STREAM MAPPING TOOLS (VALSAT)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANGGITA WIDYASTI - Personal Name
SubjectMANUFACTURING - PRODUCTION MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

PT. Dendeng Aceh Gunung Seulawah merupakan salah satu industri di Banda Aceh yang bergerak dibidang produksi dendeng sapi dan menjadi produk khas asal Banda Aceh. Berdasarkan pengamatan awal dan brainstorming dengan pemilik usaha, diketahui terdapat beberapa waste yang terjadi pada proses produksi. Untuk meminimalkan waste tersebut, dilakukan pendekatan lean dengan big picture mapping yang memvisualisasikan aliran material dari bahan baku sampai barang jadi, Waste Assesment Model untuk mengidentifikasi dengan rinci ketujuh waste dan Value Stream Mapping Tools (Valsat) dengan tools yang terpilih adalah Process Activity Mapping (PAM) untuk menganalisa kegiatan yang memberikan nilai tambah, penting namun tidak memberikan nilai tambah dan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah. Rekomendasi perbaikan dari penelitian ini adalah future state map yang mengurangi lead time dari 530,62 menit menjadi 355,04 menit yang salah satu rekomendasinya adalah menggabungkan 2 aktivitas yaitu proses pengepakan dan pressing.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MINIMASI WASTE PADA LINI PRODUKSI KORAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (STUDI KASUS : PT. ACEH MEDIA GRAFIKA, ACEH BESAR) (Rizki Qamariansyah, 2017)

INTEGRASI LEAN DAN GREEN MANUFACTURING PADA PRODUKSI ROTI TAWAR KUPAS (STUDI KASUS: UD. SARIGUT BAKERY) (Syafira Meutia, 2018)

PENERAPAN LEAN DAN GREEN MANUFACTURING PADA PLANT PRODUKSI READY MIX CONCRETE (STUDI KASUS: PT. LHOKNGA BETON) (Rahmad Rizki Karunia, 2019)

PENERAPAN KONSEP LEAN MANUFACTURING UNTUK MEMINIMASI PEMBOROSAN PENGGILINGAN PADA KILANG PADI (STUDI KASUS : CV MEUTUAH BARO) (Rahmat Arfaz, 2019)

IMPLEMENTASI LEAN MANUFACTURING UNTUK MEREDUKSI WASTE PADA PRODUKSI ES KRISTAL (STUDI KASUS: PT. POLA JAYA PERKASA) (Feneubrina Bainirad, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy