AKTIVITAS ANTIMIKROBIAL EKSTRAK n-HEKSANA DARI KULIT BATANG TUMBUHAN Cinnamomum sintok | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

AKTIVITAS ANTIMIKROBIAL EKSTRAK n-HEKSANA DARI KULIT BATANG TUMBUHAN Cinnamomum sintok


Pengarang

Dito Harya Maulana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0908103010005

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Kimia (S1) / PDDIKTI : 47201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas mipa., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

571.995

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Aktivitas antimikrobial ekstrak n-heksana dari kulit batang Cinnamomum sintok terhadap jamur Candida albicans, bakteri Escherichia coli, dan Staphylococcus aureus telah dikaji. Kulit batang (2 kg) yang telah dikeringanginkan dimaserasi dan menghasilkan ekstrak pekat n-heksana sebanyak 5,5 g. Ekstrak sebagian digunakan untuk uji hayati dan sebagian lainnya untuk isolasi senyawa. Hasil dari uji hayati menunjukkan bahwa ekstrak tidak memiliki aktivitas antifungal terhadap jamur Candida albicans, namun ekstrak memiliki aktivitas antibakteri yang relatif baik terhadap bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Hasil dari isolasi senyawa diperoleh 6 fraksi dari ekstrak n-heksana masing-masing adalah fraksi A (0,22 g), fraksi B (0,85 g), fraksi C (0,55 g), fraksi D (0,25 g), fraksi E (0,72 g), dan fraksi F (0,49 g).

Kata Kunci : Cinnamomum sintok, Antifungal, C. albicans, Antibakterial, Escherichia coli, Staphylococcus aureus

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK