ANALISIS KEBUTUHAN PARKIR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - MEDAN KM. 124, BEUREUNUEN KECAMATAN MUTIARA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS KEBUTUHAN PARKIR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - MEDAN KM. 124, BEUREUNUEN KECAMATAN MUTIARA


Pengarang

Irfan Oktomi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1004101020010

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

711.73

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kota Beureunuen Kecamatan Mutiara merupakan salah satu pusat perekonomian yang terletak di Jalan Banda Aceh-Medan. Kawasan ini, membutuhkan kesediaan ruang parkir. Tingginya pergerakan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi tidak diikuti dengan kapasitas ruang parkir yang disediakan. Pengunjung memarkirkan kendaraannya tidak beraturan pada badan jalan (on-street parking), sehingga menimbulkan kemacetan yang mengakibatkan kapasitas ruas jalan berkurang serta mempengaruhi menurunnya kinerja jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan parkir saat ini, mengetahui kapasitas parkir yang tersedia, melakukan penataan pola parkir. Lokasi penelitian berada pada tepi ruas Jalan Banda Aceh-Medan, Beureunuen, Kecamatan Mutiara. Pengambilan data dilakukan selama 3 (tiga) hari yaitu hari Senin (13 Februari 2017), hari Sabtu (17 Februari 2017), dan hari Minggu (18 Februari 2017) dimulai pukul 07.00-09.00 WIB, 12.00-14.00 WIB, 17.00-19.00 WIB, 20.00-22.00 WIB. Data yang diamati berupa kendaraan masuk ke lokasi parkir, kendaraan keluar dari lokasi parkir, kendaraan yang telah ada di lokasi parkir serta ukuran panjang dan lebar on-street parking. Metode yang digunakan untuk mencari kebutuhan parkir penelitian ini yaitu metode selisih antara yang memarkirkan kendaraan dengan yang keluar dari parkiran. Hasil yang didapatkan berupa volume parkir tertinggi yaitu sebanyak 272 kend/jam sepeda motor, 39 kend/jam mobil penumpang/ pick up dan 2 kend/jam truk terjadi pada hari Sabtu. Durasi parkir mayoritas berada pada 0-15 menit yaitu sepeda motor sebesar 84,6% sisanya 15,4% dari 100%, mobil penumpang/pick up sebesar 64,3% sisanya 35,7% dari 100% dan truk sebesar 20,3% sisanya 79,7% dari 100%. Kebutuhan parkir tertinggi terjadi pada hari Sabtu untuk sepeda motor sebesar 113 kend/jam dengan kapasitas parkir 154 kendaraan, untuk mobil penumpang/pick up pada hari Senin yaitu sebesar 22 kend/jam dengan kapasitas parkir 19 kendaraan. Truk sebesar 2 kend/jam dengan kapasitas tidak disediakan. Lokasi on-street parking eksisting dilakukan penataan ulang, sehingga kendaraan yang tidak tertampung direlokasi ke off-street parking. Off-street parking berada pada lahan kosong yang berada dibelakang pertokoan, mengingat lahan tersebut tidak dipergunakan lagi. Diharapkan pemerintah kota dapat merealisasikan penyediaan off-street parking.


Kata kunci : kebutuhan parkir, kapasitas , on-street parking, off-street parking.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK