PENGGUNAAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGGUNAAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Pengarang

siti hartati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103080008

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci : Handout, berbasis kontekstual, koloid

Telah dilakukan penelitian berjudul “penggunaan handout berbasis kontekstual pada materi koloid di kelas XI SMAN 5 Banda Aceh tahun pelajaran 2012/2013”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan handout berbasis kontekstual pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA2 yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 17 perempuan dan 7 laki-laki. Data diperoleh dari hasil tes kognitif, lembar observasi, dan angket. Berdasarkan nilai hasil tes objektif yang diberikan setelah selesai proses pembelajaran berlangsung di setiap pertemuan, diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 83% pada pertemuan I dan 92% pada pertemuan II. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal. Persentase aktivitas siswa di kelas XI-IA2 dengan menggunakan lembar observasi sebesar 88,75% pada pertemuan I dan 95,80% pada pertemuan II, dengan kategori sangat baik. Siswa memberi tanggapan positif sebesar 91% terhadap penggunaan handout berbasis kontekstual pada materi koloid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penggunaan handout berbasis kontekstual dapat mencapai ketuntasan secara klasikal, aktivitas siswa meningkat dan tergolong kategori sangat baik, serta memberikan tanggapan positif pada meteri koloid di kelas XI SMAN 5 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK