//

EKSTRAKSI MINYAK ATSIRI DARI RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L) BERDASARKAN JUMLAH PELARUT ALKOHOL DAN WAKTU PERENDAMAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HIKMAH RAMADANA NST - Personal Name
SubjectESSENCES AND ESSENTIAL OILS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Rimpang kencur merupakan salah satu bahan baku yang berlimpah di Indonesia, rimpang kencur belum dimanfaatkan secara optimal dengan masyarakat, rimpang kencur memiliki nilai ekonomis apabila dikemas dalam bentuk minyak atsiri, rimpang kencur sendiri memiliki senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil rendemen terbanyak dari waktu ekstraksi yang digunakan serta melihat jumlah pelarut yang optimum. Minyak atsiri dibuat dari rimpang kencur dengan penambahan pelarut etanol dengan variasi jumlah pelarutnya 200, 250, 300, 350, dan 400 ml dengan waktu ekstraksi 1,3, dan 5 jam. Kemudian di ekstraksi, hasil minyak yang diekstraksi kemudian akan divacuumkan dengan menggunakan evaporator guna memekatkan minyak tersebut untuk menghilangkan kandungan-kandungan etanol. Hasil penelitian yang dianalisa adalah rendemen pada minyak atsiri didapatkan 3,89% pada waktu ekstraksi 3 jam pada jumlah pelarut 200 ml. Nilai berat jenis yang didapatkan yaitu 0,888 pada waktu 5 jam pada jumlah pelarut 400 ml. Nilai bilangan asam yang optimum didapatkan yaitu 0,70 pada waktu ekstraksi 5 jam pada jumlah pelarut 400 ml. Nilai kelarutan alkohol yang didapatkan 1:3 (jernih). Nilai indeks bias yang optimum didapatkan yaitu 1,332 dan sudah memenuhi persyaratan seperti yang tercantum dalam literatur yaitu 1,3-1,7. Kata kunci: Rimpang kencur (Kaempferia galanga L), Minyak atsiri, Etanol

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSTRAKSI MINYAK ATSIRI DARI RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L) BERDASARKAN JUMLAH PELARUT ALKOHOL DAN WAKTU PERENDAMAN (HIKMAH RAMADANA NST, 2017)

UJI DAYA HAMBAT ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L.)TERHADAP PERTUMBUHAN METHICILLIN RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (Nadia Meuthia, 2016)

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM DAN BUNUH MINIMUM EKSTRAK ETANOL RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (ATHIA FAHRANI, 2018)

DAYA HAMBAT EKSTRAK RIMPANG KENCUR (KAEMPFERIA GALANGA L.)TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI (Melly Hafizha, 2014)

UJI ANTIBAKTERIAL KOMBINASI MINYAK ATSIRI BUNGA CEMPAKA PUTIH (MAGNOLIA ALBA), KENANGAN (CANANGA ODORATA) DAN MELATI (JASMINUM SAMBAC) SEBAGAI PARFUME (FIRMAN SYAHPUTRA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy