SURVEI TANAH LONGSOR DI LOKASI LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN KUAT TEKAN SELINDER BEBAS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    LAPORAN KERJA PRAKTEK

SURVEI TANAH LONGSOR DI LOKASI LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN KUAT TEKAN SELINDER BEBAS


Pengarang

Rahmad Hidayat - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304001010119

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (D3) / PDDIKTI : 22401

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2017

Bahasa

Indonesia

No Classification

551.307

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Hujan lebat berkelanjutan pada lereng dapat menyebabkan terjadi tanah longsor Batuan yang terletak di bagian atas dan tengah dapat mengurangi stabilitas lereng. Kelongsoran yang terjadi pada ruas jalan Banda Aceh-Meulaboh tanggal 01 November 2016 yaitu di Km 28+000 kawasan Lhoong, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar disebabkan oleh pelapukan batu dan curah hujan tinggi. Kelongsoran ini menyebabkan batu dan tanah berjatuhan dari tebing keseluruh permukaan jalan dan jalur transportasi Banda Aceh-Meulaboh putus total. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dicari solusi yang optimal sehingga dibutuhkan suatu studi tanah longsor terhadap pengujian kuat tekan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya tanah longsor di Lokasi Lhoong berdasarkan pengujian kuat tekan. Lokasi penelitian dilakukan pada lereng yang sudah terjadinya longsor. Pengujian dilapangan menggunakan metode pengukuran dengan mengamati geometrik kelongsoran termasuk mengamati bidang longsor. Di laboratorium dilakukan pengujian sifat sifat fisis dan kuat tekan. Hasil di laboratorium menunjukkan bahwa pada bidang longsor memiliki jenis tanah lempung organik dengan plastisitas tinggi. Berdasarkan parameter kuat tekan tanah yang terdapat di daerah Lhoong sangat sensitif terhadap kelongsoran karena hasil dari nilai stabilitas tanah (%) dan nilai kohesi (c) yaitu 0,523 % dan 0,309 kg/cm2.

Kata Kunci : Lhoong,pelapukan batu,geometrik kelongsoran,kuat tekan.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK