//

Sistem Antrian Multiple Channel Query System BNI Layanan Darussalam

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfita Marzalena - Personal Name
SubjectMATHEMATICAL STATISTICS
MATHEMATICAL ANALYSIS
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat pelayanan optimal pada BNI Layanan Darussalam. Pelayanan optimal mencakup rata-rata tingkat kedatangan (λ), rata-rata nasabah yang dilayani (μ), jumlah rata-rata nasabah pada sistem antrian (Ls), waktu rata-rata nasabah pada sistem antrian (Ws), jumlah rata-rata nasabah di antrian (Lq) dan waktu rata-rata nasabah di antrian (Wq). Penelitian ini menggunakan data primer melalui observasi dan wawancara secara langsung. Analisa data antrian menggunakan model antrian tunggal dengan fasilitas pelayanan lebih dari satu atau Multiple Channel – Query System(M/M/s). Tingkat kedatangan nasabah mengikuti distribusi poisson dan tingkat pelayanan mengikuti distribusi eksponensial. Data pengamatan awal diperoleh pada BNI Layanan Darussalam dalam interval waktu satu jam selama 20 hari mulai tanggal 16 April sampai 14 Mei 2013. Jumlah fasilitas pelayanan (teller) yang tersedia sebanyak 4 teller. Hasil yang diperoleh yaitu jumlah rata-rata tingkat kedatangan nasabah (λ) sebanyak 23 orang/jam. Jumlah rata-rata nasabah yang dilayani (μ) sebanyak 18 orang/jam. Jumlah rata-rata nasabah pada sistem antrian (Ls) sebanyak 2 orang. Waktu rata-rata nasabah pada sistem antrian (Ws) sebesar 5,6323 menit. Jumlah rata-rata nasabah di antrian (Lq) sebanyak 1 orang. Waktu rata-rata nasabah di antrian (Wq) sebesar 2,299 menit. Disimpulkan bahwa dari 4 teller yang disediakan pada BNI Layanan Darussalam, namun 2 teller dapat digunakan dengan efektif dan efisien dalam melayani nasabah. Kata kunci : antrian, pelayanan optimal, model antrian, Multiple Channel – Query System

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS MASALAH SISTEM ANTRIAN MODEL MULTI PHASE PADA KANTOR SAMSAT ACEH (Muhammad Noval, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (Fona Fitry Burais, 2019)

ANALISIS DAN PERBAIKAN SISTEM ANTRIAN PADA ACEH CAR WASH DI LAMBARO-ACEH BESAR (Indah Kumala Sari, 2016)

ANALISIS PENERAPAN SISTEM ANTRIAN MODEL MULTI CHANNEL SINGLE PHASE DI STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU): STUDI KASUS SPBU LAMNYONG BANDA ACEH (Muhammad Iqbal, 2017)

PENERAPAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA (ELVIRA HAJRIDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy