//

RANCANG BANGUN APLIKASI BERGERAK BERBASIS OPEN DATA KIT (ODK) SEBAGAI ALAT PENGUMPUL DAN ANALISIS DATA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Khadafi - Personal Name
SubjectAPPLICATION PROGRAMMING
DIGITAL COMMUNICATIONS - ENGINEERING
MOBILES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Elektro
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pendataan dengan MDCS (Mobile Database Collection System) adalah cara yang efektif dalam mendata dewasa ini, salah satu adalah ODK (Open Data Kit) berupa tools bantu untuk melakukan pendataan dengan perangkat smartphone. MDCS cocok diterapkan dalam Penataan dan Pemerataan Guru (PPG). Sebelumnya PPG memerlukan tenaga operator untuk mendata dengan membagikan kuisioner, menyebabkan timbulnya kekeliruan dalam pengentrian data oleh operator dan memerlukan waktu yang relatif panjang. Penelitian ini bertujuan terciptanya prototipe aplikasi PPG berbasiskan ODK dengan mengurangi kekeliruan dalam pengentrian data, sebab dientri langsung oleh user. Pengujian dilakukan dengan cara meng-capture pengiriman data atau file dari smartphone dan data atau file diterima pada server. Hasil dari 30 kali percobaan pada form individu guru dan form sekolah menunjukkan bahwa waktu yang dibutuhkan rerata 10 detik baik untuk uplink dan untuk downlink. pada saat tertentu dapat mencapai hingga 50 detik yaitu pada saat koneksi tidak stabil pada jam sibuk. Namun pada umumnya proses uplink maupun downlink membutuhkan waktu di bawah 1 menit yang menunjukkan waktu lebih efektif dibandingkan dengan cara yang konvensional dengan cara membagikan kuisioner berupa kertas untuk dientri kembali oleh operator dengan waktu yang lebih lama dibandingkan menggunakan PPG berbasis ODK. Kata Kunci— aplikasi, bergerak, pengumpuanl, smartphone, ODK

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI USULAN PANGKAT TENAGA AKADEMIK DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Anhar Fitria, 2020)

RANCANG BANGUN ALAT PENGIRIS BAWANG MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK (RIZKY KURNIAWAN TUMANGGER, 2019)

MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS MULTIMEDIA 3D MENGGUNAKAN BLENDER (Amir Hamzah, 2014)

RANCANG BANGUN PINTU OTOMATIS BERBASIS BARCODE DAN MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 (Ivada Gemala Suhana , 2014)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)PENDATAAN LOKASI LONGSOR DI JALAN LINTAS NASIONAL KABUPATEN GAYO LUES BERBASIS WEB (Fadhillah Mahdi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy