//

MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 328 PADA PROSES DEKOMPOSISI PUPUK KOMPOS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Vandra Diza K - Personal Name
SubjectCHEMISTRY, ANALYTIC
WATER ANALYSIS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Dalam proses pembuatan pupuk kompos terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi tingkat kematangan pupuk diantaranya adalah faktor suhu dan kelembaban. Suhu yang dianjurkan untuk melakukan proses dekomposisi (pembusukan) ialah 38ºC sedangkan untuk kelembaban 60%. Pada set point tersebut aktifitas mikroorganisme yang membantu proses pembusukan dapat bekerja secara optimal. Dalam beberapa kasus, pemantauan suhu dan kelembaban pada proses dekomposisi dilakukan secara manual dan mengikuti kebiasaan para petani, sehingga waktu dan kinerja pembudidaya tidak efisien. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut pada penelitian ini akan dirancang suatu sistem yang dapat memantau suhu dan kelembaban secara otomatis menggunakan sensor suhu DS18B20 dan sensor kelembaban tanah DFRobots V2 (Soil Moisture). Dalam implementasinya, probe sensor tersebut dibenamkan kedalam tumpukan pupuk kompos, kemudian sensor akan mendeteksi suhu dan kelembaban tumpukan kompos tersebut. Data yang didapatkan sensor diubah kedalam bentuk digital oleh ADC pada mikrokontroler. Dengan menggunakan sistem ini pemantauan telah dilakukan secara otomatis dan didapatkan informasi tentang suhu serta kelembaban mulai dari tahap pencampuran bahan, dekomposisi hingga pupuk matang. Dan efisiensi menggunakan sistem ini pada proses pematangan pembuatan pupuk lebih cepat dibandingkan pemantauan yang dilakukan secara manual. Kata kunci: Pemantauan, Set Point, Pematangan, Dekomposisi, Soil Moisture, Kompos, ADC, Mikrokontroler

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN KOMPOS LIMBAH KOPI DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG DAYAK (ELEUTHERINE PALMIFOLIA MERR) (Elwanda Farisz Ammar, 2020)

ANALISIS UNSUR HARA NITROGEN (N), FOSPOR (P) DAN KALIUM (K) PADA PUPUK ORGANIK LIMBAH KULIT BUAH HASIL PENGOMPOSAN LUBANG RESAPAN BIOPORI (MUHAMMAD FACHRIZAL, 2020)

PENERAPAN SISTEM IRIGASI CURAH (SPRINKLER) PADA TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM CEPA L.) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA328 (Ruwaida, 2021)

PROTOTIPE SISTEM MONITORING DAN PERINGATAN DINI KONDISI TUBUH MANUSIA BERDASARKAN SUHU DAN DENYUT NADI BERBASIS MIKROKONTROLER 328P (Achmi Yuliani, 2018)

PERANCANGAN MESIN PENGERING HASIL PERTANIAN SECARA KONVEKSI DENGAN ELEMEN PEMANAS INFRARED BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO DENGAN SENSOR DS18B20 (El Zaky Rizki Hakim, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy