//

PENENTUAN GANGGUAN SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI (SUTT) GARDU INDUK BIREUEN ARAH SIGLI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lidya Sawilda - Personal Name
SubjectELECTRIC POWER SYSTEMS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Seiring perkembangan teknologi yang pesat permintaan listrik pun semakin meningkat, sistem transmisi mempunyai peranan yang sangat penting dalam penyaluran daya listrik. Akan tetapi, dalam penyalurannya masih banyak gangguan yang muncul. Khususnya Gardu Induk Bireun arah Sigli yang merupakan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) yang masih mengalami gangguan pada suatu waktu tertentu. Salah satu gangguan yang sering terjadi berupa petir. Dalam hal mengatasi gangguan tersebut, diperlukan suatu gawai proteksi yang mampu mengamankan seluruh peralatan-peralatan listrik yang ada. Salah satu gawai proteksi pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dikenal dengan Relay Jarak (Distance Relay) yang merupakan suatu proteksi utama pada suatu sistem jaringan transmisi. Suatu sistem jaringan transmisi pada umumnya merupakan sistem jaringan tiga phasa dengan tegangan berkisar 150 Kv. Penentuan gangguan pada Gardu Induk Bireun arah Sigli dapat ditentukan dengan melihat besar harga impedansi sebelum dan saat terjadi gangguan. Penentuan tersebut merupakan suatu wujud yang menetapkan Relay Jarak (Distance Relay) bekerja atau tidak bekerja pada suatu waktu gangguan tertentu. Hasil analisis gangguan diharapkan dapat dipakai untuk pemahaman dalam hal pemeliharaan maupun pengembangan dimasa akan datang. Kata kunci: Transmisi, SUTT, Relay Jarak.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENENTUAN TITIK GANGGUAN SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI (SUTT) GARDU INDUK BANDA ACEH ARAH KE GARDU SIGLI (SALMI, 2018)

STUDI PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN CURRENT TRANSFORMATOR (CT) 150KV PADA GARDU INDUK (GI) DI BANDA ACEH (Khairul Fuad, 2014)

STUDI PENGARUH PENAMBAHAN PLTA PEUSANGAN 1 DAN2 4X22MW PADA SUBSISTEM ACEH (Muhammad Arifai, 2016)

OPTIMALISASI PROTEKAI PETIR EKSTERNAL DENGAN MENGGUNAKAN COLLECTION VOLUME METHOD (STUDI KASUS DI GARDU INDUK BANDA ACEH) (Agustriadi, 2014)

PENGARUH PENAMBAHAN KAPASITOR BANK 32 MVAR TERHADAP DROP TEGANGAN PADA GARDU INDUK BANDA ACEH (Juwardi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy