//
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN SELF ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP |
|
BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak |
|
Pengarang | Ismi Amalia Sari - Personal Name |
---|---|
Subject | MATHEMATICS TEACHING METHODS |
Bahasa | Indonesia |
Fakultas | Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala |
Tahun Terbit | 2017 |
Abstrak/Catatan Ismi Amalia Sari (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Saintifik dengan Self Assessment untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika khususnya soal berbentuk pemecahan masalah masih tergolong rendah. Kurikulum 2013 menuntut peserta didik harus mampu dalam pemecahan masalah, proses pembelajarannyapun menuntut pada pendekatan saintifik. Proses pembelajaran yang menekankan pada pendekatan saintifik menuntut peserta didik untuk lebih aktif. Namun, dalam proses pembelajaran kesulitan yang dialami peserta didik sering tidak diketahui dengan baik oleh guru, karena proses pembelajaran yang dilakukan di kelas kurang memberi informasi tentang kesulitan yang dialami peserta didik. Melalui self assessment yang dilakukan peserta didik dapat membantu peserta didik mengetahui kesulitan yang dialaminya, sehingga dapat dilakukan strategi-strategi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran yang membantu peserta didik agar lebih aktif serta melakukan penilaian terhadap kemampuannya, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran saintifik dengan self assessment untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Dick and Carey yang terdiri dari sembilan tahapan yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran, analisis pembelajaran, mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan butir tes, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih materi, mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif dan merevisi bahan pembelajaran. Uji coba perangkat dilakukan di MTsN Rukoh Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa perangkat pembelajaran saintifik dengan self assessment memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dengan demikian, guru dan peserta didik dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, perangkat pembelajaran, saintifik, self assessment | |
Tempat Terbit | Banda Aceh |
Literature Searching Service |
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI PELUANG (NURAIDA FITRI LUBIS, 2020) |
|
Kembali ke sebelumnya | |