//

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL PADA RUANG SEMI- OUTDOOR(STUDI KASUS HANA CAFé, BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HARISAH SUJANNAH - Personal Name
SubjectARCHITECTURAL DESIGN
INTERIOR DESIGN
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kenyamanan Termal didefinisikan sebagai suatu kondisi pikiran yang mengekspresikan kepuasan terhadap lingkungan termalnya. Pemanasan suhu udara perkotaan membuat kenyamanan termal di ruang luar menurun termasuk pada ruang semi-outdoor. Ruang semi-outdoor merupakan tempat yang sering digunakan untuk melakukan aktivitas dan interaksi sosial, seperti pada cafe, halte, dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kenyamanan termal para pengguna ruang semi-outdoor. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menentukan tingkat kenyamanan termal opada ruang semi-outdoor di cafe di Darussalam. Data yang diambil terdiri atas data lingkungan (temperatur udara, temperatur radiasi, kelembaban udara, dan kecepatang angin), data personal (aktivitas dan pakaian), dan data psikologis (sensasi termal responden). Pengukuran dilakukan secara bersamaan dengan pengisian kuisoner oleh responden. Pengukuran data lingkungan, yaitu temperatur dan kelembaban udara menggunakan alat Heat Stress WBGT Meter dan kecepatan angin menggunakan Anemometer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi nyaman yang dirasakan responden berdasarkan suhu operatif berada pada rentang suhu 27,6C-31,2C dan suhu nyaman yang dirasakan responden berada pada suhu 29,6C. Analisa model PMV (Predicted Mean Vote) memprediksi kondisi nyaman berada pada suhu 21,2C. Hasil tersebut menunjukkan perbedaan suhu yang signifikan, yang berarti adanya penyimpangan yang terjadi pada model PMV ketika diterapkan pada ruang semi outdoor. Perbandingan dengan skala sensasi termal SNI 03-6572- 2001, rentang suhu temperatur efektif yang didapat dari hasil penelitian, yaitu pada Sejuk Nyaman 24,9C-26,4C, Nyaman Optimal 26,4C-28,0C, Hangat Nyaman 28,0C-29,6C. Hasil tersbut menunjukkan bahwa rentang suhu kondisi nyaman pada SNI lebih rendah dibandingkan rentang suhu hasil penelitian, dengan selisih suhu sebesar 4C. Kata Kunci : Kenyamanan Termal, Suhu, Kondisi Nyaman, Ruang Semi-Outdoor, PMV (Predicted Mean Vote)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL UNTUK PENGGUNA TAMAN KOTA( STUDI KHASUS : HUTAN KOTA BNI DAN TAMAN SARI BANDA ACEH ) (Dasmarita Yulida Safitri, 2018)

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL RUANG LUAR MASJID RAYA BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Kamila Bilqis, 2018)

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL INDOOR (STUDI KASUS: PASAR ACEH SHOPPING CENTRE, BANDA ACEH) (Rauzatul Zannah, 2018)

KAJIAN SISTEM PENGKONDISIAN UDARA UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KENYAMANAN TERMAL PADA SUATU RUANGAN KERJA (Zulkifli, 2015)

EVALUASI KENYAMANAN TERMAL PEJALAN KAKI(STUDI KASUS :DI KAWASAN KAMPUS UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH) (INTAN MAHARANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy