//

STUDI PENGARUH PARAMETER PRISMA BERONGGA DARI KACA KOMERSIAL BIASA PADA AKURASI REFRAKTOMETER SEDERHANA UNTUK PENGUKURAN INDEKS BIAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang maswati - Personal Name
SubjectWASTE PRODUCTS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Studi pengaruh beberapa parameter fisika prisma berongga yang dibuat dari kaca komersial biasa sebagai refraktometer sederhana terhadap kemampuan pengukuran indeks bias minyak goreng telah dilakukan. Prisma berongga (hollow prism) dibuat dengan beberapa variasi sudut apit prisma (apex angle), yaitu 30o, 45o, 60o dan 90o. Selain itu, ketebalan kaca prisma juga divariasikan yaitu 2 mm, 3 mm dan 5 mm. Pengukuran indeks bias minyak goreng dilakukan dengan memasukkan sampel minyak ke dalam prisma berongga, kemudian dilewatkan berkas cahaya laser helium neon (He-Ne) dan diukur sudut deviasi berkas cahaya laser tersebut setelah lewat melalui prisma berongga tersebut. Sampel minyak yang digunakan dalam penelitian ini adalah minyak goreng kelapa sawit dengan jenis curah dan jenis kemasan. Nilai indeks bias yang mendekati nilai referensi diperoleh pada prisma berongga yang memiliki sudut apit 45o dengan ketebalan kaca masing-masing 2 mm dan 3 mm. Nilai indeks bias hasil pengukuran dalam kondisi tersebut adalah 1,4540 dan 1,4702 untuk masing-masing sampel minyak goreng kelapa sawit curah dan sampel minyak goreng kelapa sawit kemasan. Berdasarkan hasil pengukuran didapatkan bahwa sudut apit prisma dan ketebalan kaca prisma yang digunakan sangat mempengaruhi nilai indeks bias yang diukur.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUJIAN KEMAMPUAN REFRAKTOMETER SEDERHANA MENGGUNAKAN PRISMA BEONGGA DARI KACA KOMERSIAL BIASA UNTUK PENENTUAN KUALITAS MINYAK GORENG (SARINA, 2017)

PENGUJIAN KEMAMPUAN PRISMA BERONGGA YANG TERBUAT DARI KACA KOMERSIAL BIAS UNTUK PENENTUAN INDEKS BIAS MINYAK ATSIRI (Nur Imana, 2019)

KARAKTERISTIK PENGERING EFEK RUMAH KACA TIPE TEROWONGAN TERHADAP KUALITAS MINYAK NILAM (RISKI SATRIA, 2019)

VALIDASI ANALITIK DAN BIOLOGIS KIT ELISA KOMERSIAL UNTUK PENGUKURAN HORMON KORTISOL PLASMA DARAH SAPI ACEH (ANGGI ANGGRAINI ULFA, 2018)

PERANCANGAN MEJA DARI DRUM MENGGUNAKAN METODE PENGUKURAN ANTROPOMETRI UNTUK PEMANFAATAN LIMBAH (STUDI KASUS MAHASISWA UNSYIAH) (Muhammad Syukran, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy