//

EVALUASI HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN SULTAN ISKANDAR MUDA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Pinondang Benedictus Simbolon - Personal Name
SubjectROAD MAINTENANCE
ROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSRAK Perkembangan suatu kota menyebabkan adanya berbagai kegiatan masyarakat, sehingga menyebabkan jumlah pejalan kaki dan populasi kendaraan meningkat. Pergerakan ini menyebabkan volume lalu lintas meningkat sehingga terjadinya kemacetan, munculnya hambatan samping, serta kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Salah satu jalan Kota Banda Aceh yang mengalami peningkatan volume lalu lintas ialah Jalan Sultan Iskandar Muda, Khususnya di depan Sekolah Perguruan Katolik dan SMP Negeri 17. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kinerja jalan pada Jalan Sultan Iskandar Muda Banda Aceh berdasarkan kecepatan dan Derajat Kejenuhan. Pengambilan data di lakukan dalam 3 hari yaitu Rabu, Kamis, Sabtu dari pukul 07.00 – 13.00 WIB dengan interval waktu 15 menit. Hasil pada saat jam puncak hambatan samping sebesar 1665 Kej/jam dengan derajat kejenuhan sebesar 1,06 dan pada saat jam tidak puncak hambatan samping sebesar 760,2 Kej/jam dengan derajat kejenuhan sebesar 0,31. Hal ini menunjukkan kinerja jalan saat jam puncak menjadi buruk sedangkan pada jam tidak puncak baik. Selain itu juga diperoleh bahwa semakin tinggi hambatan samping maka dapat membuat Derajat Kejenuhan menjadi melebihi dari yang di isyaratkan oleh MKJI, dan semakin tinggi hambatan samping maka semakin tinggi kecepatan lalu lintas. Hal ini bertolak belakang dengan asumsi sebelumnya yaitu semakin tinggi hambatan samping maka semakin rendah kecepatan lalu lintas, namun kecepatan maksimum sangat rendah yaitu 23,191 km/jam. Kecepatan ini berada jauh di bawah kecepatan rencana untuk tipe jalan kolektor primer yaitu sebesar 40 km/jam, dan kecepatan lalu lintas pada jalan Sultan Iskandar Muda masih rendah. Kata kunci: Kapasitas Jalan, Derajat Kejenuhan, Kinerja Jalan

Tempat Terbit Hoboken, NJ
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH BERBAGI PENGETAHUAN DIANTARA REKAN KERJA TERHADAP KINERJA TUGAS DENGAN EFIKASI DIRI DAN ABUSIVE SUPERVISION PADA PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) BANDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA (Siti Safura, 2017)

KAJIAN FASILITAS PERLENGKAPAN JALAN PADA RUAS JALAN LAMBARO–BLANG BINTANG (Chardiansyah Rizki, 2019)

ANALISIS KINERJA JALAN TEUKU ISKANDAR BANDA ACEH AKIBAT HAMBATAN SAMPING (NANDA MUNTASHIR MUZWAR, 2017)

PENGARUH TATA GUNA LAHAN DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS SIMPANG PELOR MEULABOH – ACEH BARAT) (Bambang Tripoli, 2016)

EVALUASI HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PROF. A. MADJID IBRAHIM I PUNGE JURONG BANDA ACEH (ANNISA ZULFIRA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy