//

PENGARUH PEMBERIAN AMPAS KEDELAI DAN BUNGKIL INTI SAWIT YANG DIFERMENTASI DENGAN ASPERGILLUS NIGER TERHADAP BAKTERI USUS BROILER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Vhodzan Adzima - Personal Name
SubjectCHICKENS
ASPERGILLUS
FEED ADDITIVES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner Unsyiah
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Salah satu cara yang telah dilakukan untuk meningkatkan produktivitas broiler, antara lain dengan memberikan Antibiotic Growth Promotor (AGP). Pemberian AGP dalam ransum bertujuan merangsang pertumbuhan, memperbaiki efesiensi pakan, dan menekan angka kematian. Namun pemberian AGP dalam pakan sudah dilarang karena dapat menimbulkan berbagai masalah bagi kesehatan ayam dan juga kesehatan konsumen. Salah satu upaya dilakukan dengan mengembangkan alternatif lain melalui pakan yang mengandung growth promotor alami berupa probiotik seperti A. niger yang dibiakkan pada ampas kedelai dan bungkil inti sawit (AKBIS). Pemberian AKBIS fermentasi ini juga dapat memperbaiki kualitas bahan pakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian AKBIS yang difermentasi dengan A. niger terhadap mikroflora saluran pencernaan broiler. Sampel saluran pencernaan ayam diperoleh dari 80 ekor broiler yang dibagi menjadi empat perlakuan, setiap unit empat ekor. Setiap perlakuan terdiri dari 5 ulangan yang diberi pakan perlakuan selama 21 dan 35 hari dengan penambahan empat konsentrasi pakan fermentasi yang berbeda (0%, 2%, 4%, 6% dari total pakan). Saluran pencernaan broiler diperiksa ALT mikroba, E.coli, Salmonella dan BAL. Data dianalisis dengan uji Anava melalui program SPSS for windows versi 17,0 dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AKBIS yang difermentasi dengan A. niger berpengaruh nyata (P

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LAMA INKUBASI TERHADAP KADAR FITOESTROGEN PADA AMPAS KEDELAI YANG DIFERMENTASI ASPERGILLUS NIGER (Resi Husnul Annisa, 2015)

PENGARUH WAKTU DAN SUHU PEMANASAN PADA PROSES PENGERINGAN TERHADAP KADAR FITOESTROGEN PELET AMPAS KEDELAI FERMENTASI ASPERGILLUS NIGER (Novita Sari, 2015)

EFEK PEMBERIAN PAKAN YANG MENGANDUNG AMPAS KEDELAI YANG DIFERMENTASI ASPERGILLUS NIGER TERHADAP JUMLAH DAN BERAT TELUR AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) (LIA AYU BRUTU, S.KH, 2015)

EFEK PEMBERIAN PAKAN YANG MENGANDUNG AMPAS KEDELAI DIFERMENTASI ASPERGILLUS NIGER TERHADAP KUALITAS INTERIOR TELUR AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) (Rika Marwati, 2015)

PENGARUH SUBSTITUSI AMTABIS YANG DIFERMENTASI DENGAN ASPERGILLUS NIGER TERHADAP PERFORMA AYAM BROILER (Muhammad Asril, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy